EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Rosida Rosida, Noor Fadiawati, Tri Jalmo

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of the use of interactive e-book in fostering students critical thinking skills,at topic of the pollution impact for life. The population in this study were students of grade VII MTs Negeri 2 Pesawaran in teaching year 2015-2016, and the class gradeVIIA and VIIB as samples. This research method was quasi-experimental with the matching-only pretest-posttest control group design. Effectiveness was measured by n-Gain test results that were analyzed by t-test,students' response to interactive e-book and student activity.The results showed that the use of interactive e-books quite effectively foster students' critical thinking skills, as evidenced by n-Gain experimental class (0.37) is higher and significantly different than the control class (0.21). The results of the feasibility test of interactive e-book by students 85% (very worthy), as well as the percentage of student activity experimental class (71.50%) was higher than the control class (56.50%).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-book interaktif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa, dengan topik dampak pencemaran bagi kehidupan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Pesawaran Tahun Ajar 2015-2016, dengan kelas VIIA dan VIIB sebagai sampel. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan the matching-only pretest-posttest control group design. Efektivitas diukur berdasarkan n-Gain hasil tes yang dianalisis dengan uji-t, respon siswa terhadap e-book interaktif dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-book interaktif cukup efektif menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa, yang dibuktikan dengan n-Gain kelas eksperimen (0,37) lebih tinggi dan berbeda nyata dibandingkan dengan kelas kontrol (0,21). Hasil uji kelayakan e-book interaktif oleh siswa 85% (sangat layak), serta persentase aktivitas siswa kelas eksperimen (71,50%) lebih tinggi dari kelas kontrol (56,50%).

Kata kunci: E-book interaktif, efektivitas, keterampilan berpikir kritis.


Full Text:

PDF

References


Arnyana, I. B. P. 2004. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas pada Pelajaran Ekosistem. Disertasi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Malang: PPs Program Studi Pendidikan Biologi.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Jakarta: BSNP.

Carin, A.A 1993a. Guided Discovery Activities for Elementary School Science. New York,Oxford Singapore,Sidney: Maxwell Macmillan International.

Carin, A.A. 1993b. Guided Discovery Activities for Elementary School Science. New York, Oxford Singapore, Sidney: Maxwell Macmillan International.

Dale, Edgar. 1969. Audio Visual Methods in Teaching. New York: Holt, Rinehart and Winston Inc. The Dryden Press.

Departemen Pendidikan Nasional(Depdiknas). 2004. Sumber Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Fathan, Fitria, Liliasari, dan Rohman, Ijang. 2013. Pembelajaran kesetimbangan kimia dengan multimedia interaktif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. Vol1.No.1. Mei 2003.

Fraenkel, J.R dan Wallen, N.E. 2006. How to Design and Evaluate Research in Education, (sixth edition). New York: Mc Graw Hall Companies Inc.

Gunawan. 2011. Penggunaan Simulasi Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Konsep Mekanika. Jurnal Kependidikan. Vol 2 (1), 25-30. 2012.

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. USA: Indiana University.

Husein, sadam. 2015. pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902) Volume I No 3, Juli 2015

Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: A Sage Publications Company.

Kemendikbud.2012. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan. Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Kwartolo, Yuli. 2010. Teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan penabur No 14, tahun ke-9.

Liliasari, dan Redhana, I Wayan. 2007. Program pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis pada Topik Laju Reaksi untuk Siswa SMA. Jurnal forum kependidikan, volume 2, nomor 2, Maret 2008.

Marzano, R.J., R.S. Brandt, C.S. Hughes, B.F. Jones, B.Z. Presseisen, S.C. Rankin, and C. Suhor. 1988. Dimensions of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction. Alexandria: ASCD.

Munir, 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nugent, G. 1982. Picture,Audio, ang Print; Symbolic Representation and Effect Learning Educational Comunication and Technology. Journal 30.163-174

Nurmaliah, C. 2009. Kemampuan Berpikir Kritis, Metakognisi, dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMP Negeri di Kota Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Pendidikan Biologi UM.

Ratumanan, T. G. 2003. Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif dengan Setting Kooperatif (Model PISK) dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP di Kota Ambon. Disertasi. Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Program Pascasarjana UNESA.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sriwedari, Tatik. 2011. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD dan TPS terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses, dan Hasil Belajar KognitifBiologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1Malang. Tesis: PPS. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Susanto, A. 2015.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Suyanto, Mohamad. 2001. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.

Wisudawati, dan Sulistyowati, eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.