PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Novalia Nurbaiti, Chandra Ertikanto, Ismu Wahyudi

Abstract


This study was conducted to determine the influence of using teaching materials of physics-based on guided inquiry ability to the students' critical thinking skills.The study design used was Quassi Experimental Design with pretest-posttest control group design. Data analysis technique from students' critical thinking skills was using Independent Sample T Test. In this study it used a sample of two classes, namely the experimental class learning with physics teaching materials and classroom-based guided inquiry learning control using a conventional book.The results showed that there is significant influence from the use of teaching materials of physics-based guided inquiry to the results of students critical thinking skills. It can be seen from the increase in the average value of the results of critical thinking skills in experimental class is higher than the control class.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar fisika berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Quassy Experimental Design jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data hasil kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan uji Independent Sample T Test. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar fisika berbasis inkuiri terbimbing dan kelas kontrol pembelajaran dengan menggunakan buku konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan bahan ajar fisika berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa. Dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Kata kunci: pengaruh bahan ajar, bahan ajar fisika berbasis inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis.


Full Text:

PDF

References


Ardi, Andreas. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika Volume 3 No. 3 Hal: 65-69. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Desmaria. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Pembelajaran Fisika Volume 3 No. 1 Hal: 110-115. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Dharmasraya, Putra. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. (Online), tersedia; http://penelitiantindakkelas.blogspot.com/2009/03/ri-pembelajaran-kons-truktivis.html, diakses 30 Maret 2016.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad21. Bogor: Gramedia.

Koesnandar. 2008. Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web. (Online), tersedia: http//www.teknologi-pendidikan.net/2008/02/12/pengembangan-bahan-ajar-berbasis-web/html, diakses 30 Maret 2016.

Purwanti, Dwi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 18 No.2 Hal: 105-106. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sani, Abdulah S.2014. Pembelajaran Sainstifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiono, Agustinus. 2007. Berpikir Kritis. (Online), tersedia: http://agustinussetiono.wordpress.com/html, diakses 16 Oktober 2015.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung:Remaja Rosdakarya.

Suprawoto. 2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. (Online), tersedia: http://www.scribde.

com/doc/16554502/mengembangkan-bahan-ajar-dengan-menyusun-modul/ html, diakses 18 Oktober 2015.

Wahidmurni, Alifin Mustikawan, dan Ali Ridho. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.