IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
Abstract
The purpose of the study is to describe and analyze the implementation of school-based management in: 1) Management of the curriculum. 2) Management of facilities, 3) financial management, 4) Management of the school community, 5) evaluation of school programs, 6) strategies to improve the quality of education. This type of research is a qualitative case study design. The techniques of collecting data are through observation, documentation, and interviews. The results of the study are: 1) Management of the curriculum is already running. 2) Management of infrastructure maintenance done. 3) Financial management of accountability of funds based on the allocation of resources. 4) Management of the school community, Evaluation of school programs, and Strategies to improve the quality of education is running well.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi manajemen berbasis sekolah dalam: 1) Manajemen kurikulum. 2) Pengelolaan fasilitas, 3) pengelolaan keuangan, 4) Manajemen komunitas sekolah, 5) evaluasi program sekolah, 6) strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jenis penelitian ini adalah desain studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Manajemen kurikulum sudah berjalan. 2) Manajemen pemeliharaan infrastruktur telah dilakukan. 3) Manajemen keuangan pertanggungjawaban dananya berdasarkan alokasi sumber daya. 4) Manajemen komunitas sekolah, Evaluasi program-program sekolah, dan Strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan berjalan dengan baik.
Kata kunci: implementasi, manajemen berbasis sekolah, manajemen pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Nata. 2008. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Dalam teori, konsep dan analisis. Surabaya: Prestasi Pustaka Raya.
Depdiknas. 2001. Pengolahan Dana Pendidikan. Jakarta. Depdiknas.
Depdiknas. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Husaini, Usman. 2007. Manajemen teori Praktik Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Permadi D. 2007. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Komite Sekolah. Bandung: PT Sarana Panca Karya Nusa.
Rue, Leslie W & Bayers, Lyod L. 2000. Human Resources Management. Boston: Irwin.
Sallis, Edward. 2011. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan.Yogyakarta: IRCiSoD.
Umiarso & Imam Gojali. 2010. Manajemen Mutu Sekolah. Yogyakarta. IRCiSoD
Refbacks
- There are currently no refbacks.