PENGARUH KEPRIBADIAN GURU DAN KONFLIK ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN KERJA GURU SEKOLAH
Abstract
The purpose of this research is to describe and analyze the influence between: 1) teachers personality toward teachers job commitment, 2) organization conflict toward teachers job commitment also 3) teachers personality and organization conflict simultaneously toward teachers job commitment on public senior high schools in Pringsewu regency. The kind of this research is quantitative by ex post facto method. The results of this research are: 1) there is positive and significant influence between teachers personality toward teachers job commitment, 2) there is positive and significant influence between organization conflict toward teachers job commitment, 3) there is positive and significant influence between teachers personality and organization conflict toward teachers job commitment.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh antara: 1) guru kepribadian terhadap komitmen kerja guru, 2) konflik organisasi terhadap komitmen kerja guru juga 3) guru kepribadian dan konflik organisasi secara simultan terhadap komitmen kerja guru pada sekolah menengah atas di Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh positif dan pengaruh yang signifikan antara guru kepribadian terhadap komitmen kerja guru, 2) terdapat pengaruh positif dan pengaruh yang signifikan antara konflik organisasi terhadap komitmen kerja guru, 3) terdapat pengaruh positif dan pengaruh yang signifikan antara guru kepribadian dan konflik organisasi terhadap komitmen kerja guru.
Kata kunci: kepribadian guru, komitmen kerja guru, konflik organisasi
Full Text:
PDFReferences
Dharma, A. 1991. Manajemen Prestasi Kerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan, Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi.
Lehrer, R. N. 1957. Work Simplication: Creative Thinking About Work Problems. Englewood Cliff: Prentice Hall Inc.
Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Alfa Beta. Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.