Pengaruh Model Pembelajaran Radec Berbantuan Media Microsoft Sway terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan kolaborasi peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 6 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran RADEC berbantuan microsoft sway terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik sekolah dasar dan juga perbandingan kemampuan kolaborasi dengan bantuan media yang berbeda. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 40 dan sampel yang digunakan yaitu 40 peserta didik kelas IVA dan IVB,. Data dianalisis dengan uji independent t test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran RADEC berbantuan microsoft sway terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik kelas V SDN 6 Metro timur yang ditunjukkan dengan perolehan nilai sig 2-tailed 0,00
Kata Kunci: kolaborasi, media interaktif, microsoft sway, peserta didik kelas v, sekolah dasar.
References
Afelia, Y. D., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. 2023. Implementasi Model Problem Based learning (PBL) Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X SMA. Jurnal Biologi, 1(2). https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1963
Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Rahmadsyah, R., Setyaningsih, R., Rispatiningsih, D. M., Yuniansyah, Y., Zanthy, L. S., Fauzi, M., Mudrikah, S., Widyaningrum, R., Falaq, Y., & Kurniasari, E. 2021. Model-Model Pembelajaran. Jawa Tengah. CV. Pradina Pustaka Grup.
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., Ningrum, W. W., Astuti, N. M., Nelly, N., Ilyas, F. S., Ramli, A., Kurniati, Y., & Yuliastuti, C. 2023. Model dan Metode Pembelajaran Inovatif. Kota Jambi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. 2022. Model Pembelajaran di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4). https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446
Amelia, D. E., Imran, M. E., & Anisa, A. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discussion, Explain, and Create) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran IPA SD Inpres Pattallassang. Journal on Education, 6(3). https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5725
Angkat, N. A., Novianti, S., & Ramadani, W. 2023. Variasi Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sd. Pema (Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1). https://doi.org/10.56832/pema.v2i1.211
Ardian, S., Hasanah, W. K., & Rana, F. I. 2020. Pemanfaatan Microsoft sway dan Microsoft Form. Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(2). https://doi.org/10.25273/bihari.v3i2.2520
Arikunto, S. 2021. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Asiah, S., Habibah, R., Asrizal, A., & Fauzi, A. 2023. Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Abad 21 Siswa. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9). https://doi.org/10.55904/nautical.v2i9.1006
Budiman, A., Taufik, A., & Sahunah, U. 2024. Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas 3 SD Negeri Bantarkawung 03 Melalui Pendekatan Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. pendidikku: Jurnal Penelitian Pendidik, 2(1). https://doi.org/10.1234/pendidikku.v2i1.7890
Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. 2024. Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1). https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504
Darmawan, J., Saragih, A. H., & Sani, R. A. 2024. Model Pembelajaran Merdeka Belajar. Jawa Barat. CV Jejak.
Dayutiani, G. S., & Fitrianna, A. Y. 2021. Analisis Kefektifan Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP di Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.p84
Devi, R. S., Mulyasari, E., & Anggia, G. R. 2023. Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.669
Dewi, N. K. N. S., Astawan, I. G., & Margunayasa, I. G. 2020. Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 294–302. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25458
Fahrurrozi, F., Edwita, E., Bintoro, T., Nurasiah, I., Rachmawati, N., Safitri, N., Kusmawati, A. P., Amelia, W., Zakiah, L., Borolla, F. V., Sundari, F. S., Zulhendri, Z., Murnivianty, L., Lutfillah, M. M., Sundi, V. H., Surmilasari, N., Simbolon, M. E., Hatima, Y., Prasrihamni, M., C. P. F. D., Mulyawati, Y., & Sekaringtyas, T. 2022. Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Berfikir Kritis di Sekolah Dasar. Jakarta Timur. UNJ Press.
Fathurohman, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Moderen. Yogyakarta. Garudhawaca.
Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. 2018. Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2). https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113
Fikri, D., Rahmi, A., Mardhiyah, H., Jauharah, J., Lubis, K. M. N., Chan, M. F. S., Faturrahman, M. N., & Rahma, S. N. 2023. Implementasi Pendidikan Moral dan Sosial: Peran Sekolah dalam Membentuk Karakter dan Moral Siswa. Inovasi Sekolah Dasar, 1(5). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jisd/article/view/54658
Firman, F., Nur, S., & Taim, M. A. S. L. 2023. Analysis of Student Collaboration Skills in Biology Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 7(1). https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.82%E2%80%9189
Hafiza, H., Fitriani, W. R., & Mariyani, T. 2024. Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta didik Usia Dini Melalui Berbagai Macam Media Pembelajaran. 4(2). https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3391
Handayani, H., Sopandi, W., Syaodih, E., Suhendra, I., & Hermita, N. 2019. RADEC: An Alternative Learning of Higher Order Thinking Skills (HOTs) Students of Elementary School on Water Cycle. Journal of Physics: Conference Series, 1351(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1351/1/012074
Hapudin, M. S. 2021. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Kencana.
Harefa, E., Afendi, A. R., Karuru, P., Sulaeman, S., Wote, A. Y. V., Patalatu, J. S., Azizah, N., Sanulita, H., Yusufi, A., Husnita, L., Masturoh, I., Warif, M., Fauzi, M., Nurjanah, N., Santika, T., & Sulaiman, S. 2024. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jambi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hayati, L. M. 2024. Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Kerjasama Peserta didik Menggunakan Model Bhinneka. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling.
Husain, R. 2020. Penerapan Model Kolaboratif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri, 1(2012).
Ida Bagus Made Astawa. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok. PT Rahagrafindo Persada.
Ifada, A. I. 2024. Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning di Sekolah Menengah Pertama. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2). https://doi.org/10.1234/ptk.v4i2.8910
International Commission on the Futures of Education, dan Indonesian National Commission for UNESCO. 2022. Mengimajinasikan kembali Sebuah Kontrak Masa Depan Kita Sosial Baru bersama untuk pendidikan (M. de Sousa dan A. Lie (eds.)). Organisasi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO). http://www.unesco.org/open-access/terms-use-ccbysa-en
Isnawan, M. G. 2020. Kuasi-Eksperimen (Sudirman (ed.)). Nashir Al-Kutub Indonesia.
Isti’adah, F. N. 2020. Teori-Teori Belajar dalam Pembelajaran. Tasikmalaya. Edu Publisher.
Kaharuddin, A., & Hajeniati, N. 2020. Pembelajaran Inovatif dan Variatif Pedoman untuk Penelitian PTK dan Eksperimen. Gowa. Pusaka Almaida.
Khoerunnisa, P. 2020. Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1). https://doi.org/10.1234/fondatia.v4i1.2020
Kurniayati, H., Hardiansyah, F., & Sukitman, T. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Radec dalam Meningkatkan Keterampilan Partisipasi dan Kolaborasi Peserta didik di Sekolah Dasar. 8, 159–168. (8)1. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6514
Kustandi, C., & Darmawan, D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Kencana.
Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E. 2021. Model Pembelajaran RADEC dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1169
Labibah, K., & Marsofiyati, M. 2025. Dampak Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif terhadap Keterampilan Sosial Peserta didik : Studi Pustaka. Journal of Student Research, 31, 181–190. (3) 1. https://doi.org/10.55606/jsr.v3i1.3545
Hayati, L. M., & Noorhapizah. 2024. Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Bhinneka di Kelas V SDN Murung Raya 4 Banjarmasin. 2(3). https://doi.org/10.47233/jpst.v3i4.2336
Loliyana, L., Anggraini, D. T., & Efendi, U. 2022. Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas I SD. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.9602
Pahlevi, M. R. S., Febrianti, A. A., & Ansori, M. I. 2023. Teamship Competance (Kompetensi Kolektif/Kolaborasi). Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(4). https://doi.org/10.54066/jikma.v1i4.493
Mahsun, A., Hadiyani, V. P., Fithriyah, M., Yulianti, Y., Bela, L. N. A., Luqman, L., Tanjung Sari, T., & Naila, I. 2023. IPS Kependidikan Dasar. Jawa Timur. Nawa Litera Publishing.
Mansur, N. R. A., Ratnasari, J., & Ramdhan, B. 2022. Model STEAM terhadap kemampuan kolaborasi dan kreativitas peserta didik. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(4). https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19123
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. 2012. Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2). https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109
Muncarno. 2017. Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. In Hamim Gruop, Lampung.
Muslihah, N. N., & Nuriyanti, R. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Sikap Toleransi Mahasiswa. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.78599
Naila, I. 2020. The Effectiveness of Science Project Learning based on Entrepreneurship Model to Improve Elementary Students’ Collaborative Skills. Mimbar Sekolah Dasar, 7(3). https://doi.org/10.30651/ipcs.v2i1.24516
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. 2021. Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1). https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Narsa, I. M., Wulan, N., & Rosita, N. 2022. Panduan Metode Pembelajaran Kolaboratof dan Partisipatif. Airlangga University Press.
Nugroho, A. G., Arianto, Y., & Meilani, R. 2024. Pembelajaran Inquiry dan Group Investigasi dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Siswa di SMA Islam Terpadu Assalam Martapura. Edu Curio, 2(2). https://doi.org/10.71456/ecu.v2i2.757
Nurfadhillah, S. 2021. Media Pembelajaran. Sukabumi. CV Jejak.
Nurhayati, S., Haluti, F., Nurteti, L., Pilendia, D., Haryono, P., Hiremawati, A. D., Afrizawati, A., Nurmiati, N., Saidah, E. M., Bariah, S., Indiati, I., Sembiring, D. A. K., Herlina, N. H., & Sulaiman, S. 2024. Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. Jambi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nurmayasari, K. V. 2023. Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA Negeri 1 Bangorejo. Jurnal Biologi, 1(2). https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1964
Octaviana, F., Wahyuni. D., Supeno.S. 2022. Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332
Ponidi, Kristiana, N. A., Trisnawati.D, Puspita. D. 2021. Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Jawa Barat. Adanu Abimata.
Pramiswari, E. D., T. 2023. Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SD Muhmmadiyah 03 Assalaam. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2). https://doi.org/10.36379/autentik.v7i2.343
Pransiska, L., Santoso, G., Firmansyah, A. A., & Kartini, A. A. 2023. Mengukuhkan Kebersamaan Sikap Bergotong Royong dan Kolaborasi di Kelas 3. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 02(04), 102–126. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.636
Pratama, Y. A., dkk. 2019. Model Pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): Pentingnya Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dalam Konteks Keindonesiaan. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(1). https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i1.99
Prasetyo, L., & Ferdian, L. E. 2024. Tahapan Perkembangan Kognitif Peserta didik Berdasarkan Teori Piaget Serta Peran Pendidik dalam Mendukungnya. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 1053–1055. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i3
Priyono, A., Sudaryani, D., & Wijaya, S. 2022. Pemanfaatan Microsoft sway dan Microsoft Form Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(2). https://doi.org/10.24269/muaddib.v12i2.6290
Purnamawati, H. 2021. Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan MIKiR. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2). https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1521
Putra, A. L., Kasdi, A., & Subroto, W. T. 2019. Pengaruh Media Google Earth Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Keaktifan Siswa Kelas Iv Tema Indahnya Negeriku di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3). https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1034-1042
Rahmah, N., Fauzi, Z. A., & Fa’uni, A. M. 2024. Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik di Kelas VB. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(01). https://doi.org/10.3026/jtpp.v2i1.244
Rahman, T. 2018. Aplikasi Model-model Pembelajaran. Semarang. CV. Pilar Nusantara.
Rahmansyah, S. Z., Yunus, S. R., Mardiana, M., & Wahyuni, R. 2023. Penerapan Model Structured Inquiry (Inkuiri Terstruktur) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII Sitti. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran Penerapan, 5(3). https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.879
DOI: https://doi.org/10.23960/jmmp.v13.i1.2025.33566
Refbacks
- There are currently no refbacks.