Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Flashcard terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Kelas V SD
Abstract
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas V di SDN 1 Giriklopomulyo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik. Metode penelitian ini adalah quasi experimen menggunakan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 peserta didik dan sampel berjumlah 64 peserta didk, sampel ditentukan dengan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dengan teknik tes dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas V SDN 1 Giriklopomulyo tahun ajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Bahasa Inggris, flashcard, make a match, penguasaan kosakata, peserta didik SD.
Full Text:
PDFReferences
Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah ( Kuantitatif ) Beserta Paradigma , Pendekatan , Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 682–693. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APenelitian
Amalia, A. R., & Tarwati, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Multiple Linguistic Intelligences Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Seminar Nasional Pendidikan, 210–222. https://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/161
Khoerunisa,A, & Saputra, E. R. (2024). Keberhasilan Penggunaan Media dan Model Pembelajaran Make a match Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Angkasa. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 3(1), 36–45. https://doi.org/10.56916/jipi.v3i1.654
Ananda, R., Rohman, F., & Siregar, E. S. (2023). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22169
Anindita, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Make a match Menggunakan Media Flashcard Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris (Penelitian pada Siswa ) http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1273
Ardiyanti, A., Bandu, I., & Usman, M. (2018). Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis Dengan Media Flashcard (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sastra Prancis). Jurnal Ilmu Budaya, 6(1), 176–186. https://doi.org/10.34050/jib.v6i1.4327
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Ed.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineaka Cipta. 292
Astawa, P. A., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 98. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17663
Biola, G. S. I. F., & Patintingan, M. L. (2021). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas III Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 48–54. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5805
Cameron, L. (2021). Teaching Languages to Young Learners. Ambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511733109
Dalilah, W. K., & Sya, M. F. (2022). Problematika Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(4), 474–480. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7828
Djamaluddin, A. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. In CV Kaaffah Learning Center, 162(2188). https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1639
EF Education First. (2024). EF English Proficiency Index 2024. Zurich: EF Education First. 80.
ETS. (2023). TOEFL Ibt Test ANd Score Data Summary 2023. Princenton, NJ:Educational Testing Service. 7
Fanani, A. (2021). Proses dan Kebermanfaatan Analisis Tujuan, Pembelajaran. Seminar Nasional Hasil Riser Dan Pengabdian Ke-III (SNHRP 2021), 280–283. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/204.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Model-Model Pembelajaran, 1–6.
Fatoni, A. (2023). Model Make a match Berbantu Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 108–116. https://doi.org/10.52166/mida.v6i1
Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 82. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11. https://osf.io/mpng9/download.
Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744
Gading, I. K., & Dian Kharisma, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 153. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11608
Harmer, J. (2020). The Practice of English Language Teaching. Pearson Education.
Hartoto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah. Historia, 4(2), 131. https://doi.org/10.24127/hj.v4i2.553
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Herawati. (2020). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27–48. https://doi.org/10.22373/bunayya.v4i1.4515.
Hidayah, N., & Rohmatillah. (2021). Islami berbasis pendidikan lingkungan hidup. 5(1), 27–38. Https://doi.org/10.29240/jpd.
Hutapea, R. H. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match dalam Pendidikan Agama Kristen. SOTIRIA (Jurnal Theologia Dan Pendidikan Agama Kristen), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.47166/sot.v3i1.16
Isti’adah, N. F. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. In Edu Publisher.
Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375
Juhji. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match DALAM PEMBELAJARAN IPA. Primary, 09(01), 9–16. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/313.
Kahar, M. S., Anwar, Z., Murpri, D. K., Matematika, P., & Sorong, u. M. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar. Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279–295.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Rahmawati, L.,& Angrisia, N.F. (2021). Sudent’s book My Next Words (pp. 1–152).
Lutfiah, C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Peserta Didik Kelas Iv Sd S Islam Al-Furqon Tulang Bawang Barat. Nucl. Phys., 13(1), 104–116. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31998.
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28. https://doi.org/10.35706/judika.v6i1.1203.
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian. https://doi.org/10.31219/osf.io/svu73
Margaretha, L. (2020). Teori- teori Belajar untuk Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini. 1(1), 8–15. https://doi.org/10.33258/ecrp.v1i01.1074.
Meidina, P. A. N., A’yun, Q., & Ermawati, D. (2024). Peningkatan kemampuan penguasaan Vocabulary melalui model make match berbantuan media flashcard siswa sekolah dasar. 10(September).
Muliana, H., & Warmansyah, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Speaking Pyramid untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. JOSTECH: Journal of Science and Technology, 2(1), 51–60. https://doi.org/10.15548/jostech.v2i1.3808
Muncarno. (2017). Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. Hamim Group.
Mustofa, A., Priawasana, E., & Kustiyono. (2020). Pengaruh metode problem based learning dan penggunaan buku teks untuk peningkatan kemampuan kosakata Bahasa Inggris bagi siswa kelas VIII Di SMPN 1 Genteng. Journal Darussalam, 7(2), 50–61. https://doi.org/10.30739/darussalam.v15i1.2459.
Nation, I. S. P. (2021). Learning Vocabulary in Another Language. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139858656.
Nur Nasution, W. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. Ittihad, I, 185–195.
Nurhadi. (2022). Pendidikan Bahasa Inggris Kontemporer. Sinar Grafika.
Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118–9126. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0APenerapan
Nurzaman, I., Yasbiati, & Rahmattya, E. (2017). Penggunaan Permainan Pesan Gambar Berantai Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. 1(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7159.
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587
Pradana, R. A., & Santosa, A. B. (2020). Studi Literatur Media Pembelajaran Flash Card Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio Dan Televisi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 09(03), 575–583.
Purwanto, N. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Bandung; Remaja Rosdakarya. 327
Putri, E. N. D., & Taufina. (2020). Jurnal basicedu. 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405.
Rachmawan, N., & Wahyuningsih, F. (2021). Deutsch Domino Untuk Pengaktifan Kosakata Bahasa Jerman. Laterne, 10(2), 149–157.
Rahmawati, N. (2020). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putera Harapan. Prodi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Uiversitas Negeri Surabaya, 3(1), 5–6. https://doi.org/10.26858/phonologie.v2i2.35292.
Ramadhanti, N. W., Kusumaningrum, S., & Anakotta, R. (2022). Pengaruh Media Flash Card terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas III SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 89–94. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.2081
Ramdhan, V. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa terhadap Pemahaman Membaca Teks Narasi Bahasa Inggris. Deiksis, 9(02), 240. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1299
Rose, A. E., Nency, A., Sudira, E., Haria, Y., & Suryanda, A. (2024). Strategi Inovatif Pembelajaran Eksplorasi Strategi Inovatif Pembelajaran Biologi di Abad 21: Strategi Inovatif Pembelajaran Biologi di Abad 21. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 102–107. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2270.
Sari, S. P. (2020). Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Educational Journal Of Elementary School, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4554.
Sartika, S. B., Untari, R. S., Rezania, V., & Rocmah, L. I. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Umsida Press, 1–214.
Schmitt, N. (n.d.). Vocabulary in Language Teaching. Routledge.
Setyorini, Y. (2018). The Effects of Parents’ Role and Learning Motivation Towards Vocabulary Mastery. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 9(2), 103–104. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/18.
Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(02), 216–225. https://doi.org/10.24127/att.v2i02.870
Simamora, A. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif (Dr. Lisbet).
Sinambela, P. N. J. M., Bulan, A., Febrina, A., Susilowaty, N., Fatchurrohman, M., Novianti, W., Sembiring, E. T. B., Subroto, D. E., & Mardhiyana, D. (2022). Model-Model Pembelajaran. Sada Kurnia Pustaka.
Siregar, E., & Widyaningrum, R. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Mkdk4004/Modul 01, 09(02), 193–210.
Siregar, N., & Nara, H. (2015). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung;Alfabeta. 147-148.
Sulistio, Andi dan Haryanti, N. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Visipena Journal, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.36
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif. https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/article/view/25.
Thornbury, S. (2021). How to Teach Vocabulary. Pearson Education.
Trianasari, E., Sudrajat, didi, Subroto, Purnama, Y., Tumiwa, J., Liria, T., & Hutauruk. (2024). Pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek pada kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 10081–10088. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/jrpp/article/view/31543.
Ulfa, N. M. (2020). Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini. 1(1), 34–42. https://doi.org/10.35719/gns.v1i1.4
Wahab, G., & R. (2021). Modul Teori Belajar. In Sustainability (Switzerland), 11(1). https://www.mdpi.com/2071-1050/11/1/.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/teori-teori belajar dan pembelajaran.pdf
Wangsa, A. N., Ruswan, A., & Nurmahanani, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make a match terhadap Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. As-Sabiqun, 5(5), 1347–1358. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i5.3881
Wardana, & Djamaluddin, A. (2021). Belajar Dan Pembelajaran Teori, Desain, Model Pembelajaran Dan Prestasi Belajar. In Kaaffah Learning Center. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2677.
Widowati, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make a match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1118–1124. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.2067
Widya, P. (2013). Peningkatan Hasil Belajar IPS Memalaui Model Make A Mtach Di Kelas IV SDN Selokajang 3 Kabupaten Blitar. Artikel. Malang : Universitas Negeri Malang.
Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579
Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302
Wilkins, D. (2022). Second Language Vocabulary Acquisition. Oxford University Press.
Yuanita, E. (2018). Pengaruh Media Scrabble Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar Scrabble Use on English Vocabulary Mastery for Elementary Students. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 7(4), 356–364. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/8749/5402.
DOI: https://doi.org/10.23960/jmmp.v13.i1.2025.33565
Refbacks
- There are currently no refbacks.