Persepsi Guru SD Kelas Rendah terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Gugus Aster II

Aminata Zuhriyah

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar persepsi guru SD kelas rendah terhadap implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini dilaksanakan di Gugus Aster 2 Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Persepsi dalam penelitian ini merupakan cara pandang atau pendapat guru mengenai kurikulum merdeka yang tengah dilaksanakan dalam pembelajaran di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket berupa 57 pernyataan yang disebarkan ke responden, dengan instrumen penelitian menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini adalah guru kelas rendah kelas 1-3 yaitu guru PAI, PJOK, Bahasa Lampung dan Bahasa Inggris yang mengajar di kelas rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling berjumlah 42 guru. Hasil analisis penelitian diketahui bahwa secara keseluruhan persepsi guru SD kelas rendah terhadap penerapan kurikulum merdeka dalam kategori sangat positif sebesar 19%, kategori positif sebesar 41%, kategori kurang positif 26% dan dalam kategori negatif sebesar 14%.

Kata Kunci: persepsi, guru, implementasi kurikulum merdeka

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U. H. S., Fadilla, Z., Taqwin, Ardiawan,

M. K. N., & Sari, M. E. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Alfaiz, Andre, J., Irfan, F., Ananda, R., Vina, D., & Asroful, K. 2023. Pembelajaran yang Menyenangkan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Abdimas 8 (1), 96-101. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.13990.

Amir, I., Nursalam, N., & Mustafa, I. 2022. Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 204–215. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7587.

Arifandi, A., Billah, M. E. M., & Suwardi. 2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Ejournal Universitas Islam Jember. https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/download/1498/1166.

Azahari, A. R., Sion, H., Kartiwa, W., & Qodariah, A. 2022. Mutu Pengelolaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Palangka Raya. Equity In Education Journal, 4(2), 111-117. https://doi.org/10.37304/eej.v4i2.7438.

Cholilah, M., Anggi, G. P. T., Komaria, Shinta, P. R. & Achmad, N. F. 2023. Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Satuan Pendidikan serta Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.

Fadhli, R. 2022. Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230

Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. 2021. Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 97. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462.

Junaeda, J., Khalik, M. F., & Fitri, R. 2023. Analisis Persepsi Guru Terhadap Konsep Penerapan Merdeka Belajar di SD Inpres Antang I Kota Makassar. Alena : Journal of Elementary Education, 1(2), 164–171. https://doi.org/10.59638/jee.v1i2.72.

Lena, M. S., Iraqi, S. H., Fauziah, N. E., & Putri, I. 2023. Persepsi Guru Kelas Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 525–532. https://doi.org/10.5281/zenodo.8248403.

Leny, L. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Jurnal Sentikjar. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829.

Linda, F. K. R. 2020. Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(3). https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/download/57112/33729.

Lubis, K. U., Idaroyanni, M. R., & Limbong, P. 2024. Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Deli Tua. 0738(4), 5814–5819. Journal of Education Research. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1931.

Marpaung, R. W. 2024. Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Siswa di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.677.

Mawati, A. T., Hanafiah., & Arifuddin, O. 2023. Dampak Pergantia Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172.

Ningtyas, P. D. A. M., & Juliantari, N. K. 2022. Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Pengembangan Potensi Pesera Didik. Jayapangus Press Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 329–341. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i4.3104.

Nurliani, Annisa, M., Hildayati, Arusliadi, H., & Rahmatullah, M. 2023. Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Era Digital di SMA Negeri 4 Banjarmasin. Jurnal Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. https://ojs.mahadewa.ac.id.

Priadana, S., & Sunarsi, D. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. 2021. Analisis kesulitan belajar siswa dalam mempelajari kimia kelas xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, AH., & Prihantini, P. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/3237/pdf/12436.

Rahayuningsih, E., & Hanif, M. 2024. Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Al Hidayah Purwokerto Barat (Perspektif Social Learning Theory (SLT). Journal of Education Research, 5(3), 2828–2839.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. 2020. Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Bahasa, 9(2). https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379.

Taridala, S., & Rosihan, A. 2023. Transformasi Edukasi Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar. Sulawesi Tengah: CV Feniks Muda Sejahtera.

Warsihna, J., Ramdani, Z., Amri, A., Kembara, M. D., Steviano, I., Anas, Z., & Anggraena, Y. 2023. Tantangan Dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Sd: Sebuah Temuan Multi-Perspektif. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 296. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p296--311.




DOI: https://doi.org/10.23960/jmmp.v13.i1.2025.33563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor hari ini