The Development of TITL Students at SMKN 8 Kota Serang from the Perspective of Psychology and Vocational Guidance
Abstract
Abstrak: Perkembangan Siswa TITL SMKN 8 Kota Serang Ditinjau dari Psikologi dan Bimbingan Kejuruan. Psikologi perkembangan siswa mempelajari perubahan dari bayi hingga usia tua, penting untuk pendidikan dan bimbingan. Orang tua dan guru berperan penting dalam memaksimalkan potensi siswa, mengatasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perkembangan mereka. Bimbingan kejuruan membantu siswa menemukan minat dan bakat, meningkatkan kesiapan kerja, dan merencanakan karir secara efektif. Hal ini memungkinkan mereka untuk beradaptasi dan sukses dalam karir pilihan mereka. Di sekolah menengah kejuruan, psikologi perkembangan dan bimbingan kejuruan saling terkait erat. Bimbingan kejuruan tidak hanya membantu siswa mengidentifikasi minat dan bakatnya tetapi juga mendukung perkembangan psikologisnya dengan meningkatkan rasa percaya diri, kesiapan kerja, dan kemampuan beradaptasi. Hal ini memastikan bahwa siswa dipersiapkan tidak hanya secara teknis tetapi juga secara emosional dan mental untuk berhasil dalam karir pilihan mereka.
Kata Kunci: sekolah menengah kejuruan; psikologi perkembangan; bimbingan kejuruan; perkembangan sosial-emosional; dan perencanaan karir
Full Text:
PDFReferences
Bulut, D., Samur, Y., & Cömert, Z. (2022). The Effect of Educational Game Design Process on Students’ Creativity. Smart Learning Environments, 9(1).
Eliza, F., Suriyadi, S., & Yanto, D. T. P. (2019). Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMKN 5 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 57–66.
González, L., Cortés-Sancho, R., Murcia, M., Ballester, F., Rebagliato, M., & Rodríguez-Bernal, C. L. (2020). The role of parental social class, education and unemployment on child cognitive development. Gaceta Sanitaria, 34(1), 51–60.
Juprianto, J., Wijaya, H., Supartini, T., & Hana, S. R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa di UPTD SMPN 16 Mandai Maros Sulawesi Selatan. Jurnal Kala Nea, 4(1), 28–36.
Lestari, I. (2017). MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR REMAJA MELALUI BIMBINGAN KARIR BERBASIS LIFE SKILLS. 3(1).
Nisa, B. F., Septiani, A. Y., & Nugroho, M. A. A. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGELASAN MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK. 09.
Onojah, A. O., Obielodan, O. O., Onojah, A. A., Koledafe, O. S., & Ishola, F. A. (2021). Extent at Which Vocational Guidance Influence Career Decision of Vocational and Technical Students. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(3), 424.
Prahesty, I. D., & Mulyana, O. P. (2013). PERBEDAAN KEMATANGAN KARIR SISWA DITINJAU DARI JENIS SEKOLAH. 02.
Rahmadani, N. (2021). KINERJA GURU BK DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM BK LAYANAN BIMBINGAN KARIR DI SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(1), 37.
Rohan. (2009). Implikasi Teori Kognitif Jean Piaget Dalam Pembentukan Kepribadian Muslim Pada Anak Usia Sekolah 7-12 Tahun. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Saifuddin, A., Ruhaena, L., & Pratisti, W.D. (2017). Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik SMA dengan Pelatihan Reach Your Dreams dan Konseling Karier. Jurnal Psikologi, 44(1), 39.
Samore, T., & Fessler, D. M. T. (2022). Implications of instrumental and ritual stances for traditionalism–threat responsivity relationships. Behavioral and Brain Sciences, 45, e267. https://doi.org/10.1017/S0140525X22 001406.
Saripah, I., Priliani, D. R., & Nadhirah, N. A. (2023). Problematika Kematangan Karir Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan: Implementasi Pada Layanan Bimbingan dan Konseling Karir. 12.
Sitanggang, A. A., Sipahutar, F. M., Hutasoit, F. R., Surbakri, L. S. B., & Naibaho, D. (2024). Perjalanan Psikologi Perkembangan dan Bimbingan Peserta Didik: Tinjauan dari Anak-Anak Hingga Lansia. Jurnal Parenting dan Anak, 1(3), 11.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta,, 2014), 81.
Suryandari, E., Sulistiyawati, S., & Endriyani, L. (2019). Hubungan peranan teman sebaya dengan perkembangan sosial emosional siswa-siswi kelas X di SMK Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta. Caring : Jurnal Keperawatan, 8(1). https://doi.org/10.29238/caring.v8i1.3 61.
DOI: https://doi.org/10.23960/jmmp.v13.i1.2025.33562
Refbacks
- There are currently no refbacks.