Perancangan Multimedia Interaktif Menggunakan Canva Berbasis ICT pada Materi Pengenalan Resistor Di Sekolah Menengah Kejuruan

Irwanto Irwanto

Abstract


Abstrak: Perancangan Multimedia Interaktif Menggunakan Canva Berbasis ICT pada Materi Pengenalan Resistor di Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam penelitian ini membahas tentang penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran berbasiskan ICT (Information and Communication Technology) dalam pengenalan materi resistor di sekolah menengah kejuruan. Dengan memanfaatkan canva, guru dapat membuat materi pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, sehingga sangat memudahkan para siswa dalam memahami konsep dasar resistor serta menghitung gelang warna resistir tersebut. Adapun metode penelitian yang dapat digunakan dalam perancangan multimedia yaitu menggunakan aplikasi canva, yang melibatkan perancangan sampai evaluasi mengenai materi konsep dasar resistor dalam pembelajaran interaktif di dalam kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan canva dapat meningkatkan kreativitas guru, efektivitas pembelajaran, dan pemahaman siswa terhadap materi. Dengan demikian, penggunaan canva sebagai media pembelajaran berbasis ICT merupakan inovasi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital.

 Kata kunci: multimedia, interaktif, canva, resistor

 

Full Text:

PDF

References


Amanda, R. Z., Audry Lubis, S., & Maha, S. (2023). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 4.

Cahyono, B. D., Irwanto, & Nugraha, M. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Dasar Untuk Memahami Nilai Resistor Berdasarkan Kode Warna 3 Gelang Dan 4 Gelang Bagi Siswa SMK Kelas X Jurusan Teknik Otomasi Industri. Journal on Education, 05(04).

Fahira, W. R., Guspita Sari, Y., Putra, B. E., Armi, D., & Putri, E. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI DUNIA PENDIDIKAN. Bina Gogik, 10(2), 89–98.

Fatihah, W., & Ruhiat, Y. (2023). Pengembangan Konten Pembelajaran Berbasis Canva pada Pokok Bahasan AsamBasa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 57–61.

Fransisca, M. (2019). PENERAPAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DALAM PEMBELAJARAN DI SMP RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) KOTA PADANG. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 12–19.

Harahap, A., Setiawan Wibowo, T., Sitopu, J. W., & Solehuddin, M. (2022). PENGGUNAAN DAN MANFAAT APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DITINGKAT MADRASAH. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 8(1), 75–80.

Husain, R. (2020). PENERAPAN MODEL KOLABORATIF DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 12–21.

Lafendry, F. (2022). IMPLEMENTASI ICT DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Tarbawi, 5(1), 41–53. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi

Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116–119.

Manurung, P. (2020). MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1).

Maylitha, E., Hikmah, S. N., & Hanifa, S. (2022). Pentingnya Information and Communication Technology bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1). https://dapo.kemdikbud.go.id/

Miftahul, J., Nuroso, H., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1).

Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., & Jupriadi, J. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(1), 40. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v3i 1.16070

Rista, L. (2022). Penerapan media pembelajaran berbasis ICT (information communication of technology) terhadap pemahaman Konsep matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lhokseumawe. JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA, 2(2).

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUK UKM. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1). www.canva.com.

Sobandi, A., Yuniarsih, T., Meilani, R., & Indriarti, R. (2023). Pemanfaatan Fitur Aplikasi Canva dalam Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Microlearning. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 8(1), 98– 109. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpman per

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Wiryany, D., Natasha, S., Kurniawan, R., Komunikasi, J. I., & Bandung, M. (2022). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PERUBAHAN SISTEM KOMUNIKASI INDONESIA. Jurnal Nomosleca, Oktober, 8(2).




DOI: https://doi.org/10.23960/jmmp.v13.i1.2025.33560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor hari ini