PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

Enni Enni, Sultan Djasmi, Sowiyah Sowiyah

Abstract


The purpose of this research is to analyze and describe the influence between: 1) work discipline toward teacher performance, 2) leadership of headmaster toward teacher performance, and 3) work discipline and leadership of headmaster simultaneously toward teacher performance. The kind of this research is quantitative by using method of ex post facto. Data are obtained from questionnaire and documentation. After research and obtained the results, there is positive and significant relation between: 1) work discipline with teachers performance, it means getting better work discipline of teachers, it will increase the teachers performance, 2) leadership of headmaster with teachers performance, it means getting better teacher perception about leadership of headmaster, it will increase the teachers performance, 3) work discipline and leadership of headmaster with teachers performance, it means getting better work discipline of teacher and teacher perception about leadership of headmaster, it will increase the teacher performance.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh antara: 1) disiplin kerja terhadap kinerja guru, 2) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, dan 3) disiplin kerja dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Data diperoleh dari kuesioner dan dokumentasi. Setelah penelitian dan diperoleh hasil, ada hubungan positif dan signifikan antara: 1) disiplin kerja dengan kinerja guru, itu berarti mendapatkan disiplin kerja yang lebih baik dari guru, maka akan meningkatkan kinerja guru, 2) kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, berarti mendapatkan persepsi guru yang lebih baik tentang kepemimpinan kepala sekolah, maka akan meningkatkan kinerja guru, 3) disiplin kerja dan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, itu berarti mendapatkan disiplin kerja yang lebih baik dari guru dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, maka akan meningkatkan kinerja guru .

Kata kunci: disiplin kerja, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Harsono. 2006. Pengaruh Kemampuan Manajerial, Kemampuan Motivatorial dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Wonogiri. Wonogiri.

Hartono. 2003. Data Balitbang Depdiknas Tahun 2002 .

www.suaramerdeka.com/harian.htm. diakses tanggal 1 Oktober 2012.

Muhlisin. 2008. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:Bagian Penerbitan STIE YPKN.

Soebagia, A. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadirya.

Suharsimi, Arikunto. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.