IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI PENDIDIKAN
Abstract
This research intended to describe the implementation of accelerated program in education at State Senior High School 1 Terbanggi Besar Central of Lampung. There were eight things examined in this study, namely planing, organizing, implementation, controling, evaluating, supporting factors, inhibiting factors, and the customers satisfied of accelerated program in education at State Senior High School 1 Terbanggi Besar Central of Lampung. Research with qualitative approach. Data were collected using interviews, observation nonparticipant and documentation. Data were analyzed using the patterns of interaction Miles and Huberman have been modified. The findings showed: the planing, organizing, and implementation is done by the team of curiculum develovment. The support factors of accelerated program in education at State Senior High School I Terbanggi Besar Central of Lampung, namely: sum of teachers and a good qualification teachers, sum of superior intelligent students, a good infrastructur, and a good commitment. The inhibiting factors, namely make a schedule, suport government, teaching learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program akselerasi di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah, yang meliputi 8 sub fokus: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, faktor pendukung, faktor kendala dan kepuasan pelanggan program akselerasi pendidikan di SMA N 1 Terbanggi Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pola interaksi Miles dan Huberman yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan program akselerasi dilakukan oleh tim pengembang kurikulum sekolah. Faktor pendukung program akselerasi pendidikan di SMA N 1 Terbanggi Besar ialah tersedianya dana yang memadai, kualifikasi dan kompetensi tendik, jumlah siswa cerdas istimewa yang memadai, tersedianya sarana prasarana yang dibutuhkan. Faktor kendalanya alah pengelolaan KBM belum optimal, dan kurangnya pembinaan pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten maupun Provinsi.
Keywords: program akselerasi di bidang pendidikan, pelaksanaan
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan( Edisi 2). Jakarta.
Aziz. 2012. Karakter Guru Profesional. Jakarta. Al-Mawardi Prima.
Creswell. 2015. Riset Pendidikan, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Daulay. 2007. Penidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Fuad. 2014. Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jakarta. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Hamalik. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Hermino. 2014. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter. Bandung. ALFABETA.
Jahja. 2004. Wawasan Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Kompri. 2015. Manajemen Penidikan, Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta. AR-RUZZ MEDIA.
Lucy. 2012. Dahsyatnya brain smart teching cara super jitu optimalkan kecerdasan otak dan prestasi belajar anak. Jakarta. Penebar Plus.
Makmur. 2009. Teori Managemen Stratejik dalam Pemerintahan dan Pembangunan. Bandung. Refika Aditama.
Moleong. 2004. Metode Kualitatif, Edisi revisi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Moleong. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah No 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Purwanto. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung. Rosda Karya.
Rachmawati. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta. ANDI.
Sallis. 2001. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogyakarta. IRCiSoD.
Sanjaya. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP). Jakarta. Kencana.
Sogiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. ALFABETA CV.
Supiyanto. 2006. Fisika SMA Jilid 1 Untuk SMA Kelas X. Jakarta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. BP Bina Cipta.
Usman. 2014. Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Wibisono. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta. Rajagrafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.