RANAH KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL di SMA BUKIT ASAM

Keryn Kania, Bian Pamungkas, Hasyimkan Hasyimkan

Abstract


Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam proses pembelajaran musik ansambel di ekstrakurikuler SMA Bukit Asam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh adalah guru seni budaya yang ada di SMA Bukit Asam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dari peran guru dalam pembelajaran musik ansambel di ekstrakurikuler SMA Bukit Asam menunjukkan bahwa proses pembelajaran alat musik ansambel menggunakan metode tutor sebaya dilaksanakan dengan tahapan, pertama-tama guru meminta semua siswa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan dan memulai pembelajaran.

 

Kata kunci : Pembelajaran, ansambel musik, ekstrakurikuler

 

Abstract

The formulation of the problem in this study is how the teacher's role in the process of learning ensemble music in the extracurricular activities of SMA Bukit Asam is. This study used descriptive qualitative method. The source of the data obtained is the cultural arts teacher at SMA Bukit Asam. The data collection techniques in this study came from the results of observations, interviews, and documentation, then data analysis, data presentation and conclusion were drawn. Based on the results of the research on the role of the teacher in ensemble music learning at the Bukit Asam High School extracurricular, it shows that the process of learning musical ensemble instruments using the peer tutor method is carried out in stages, first the teacher asks all students to wash their hands before entering the room and starting learning.

 

Keywords: learning, ansambel music, extracurricular

Full Text:

PDF

References


Daryanto, D. (2014). siap menyongsong kurikulum 2013.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80.

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, M. S. Sofia Yustiyani Suryandari, S.E.

Taupik. (2014). Hubungan Antara Penguasaan Teori Musik dengan Prestasi Belajar Bermain Ansambel Musik pada Siswa SMP Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787/

https://disdikbatam.org/

skatwin

href="https://www.environmentalcrossing.com/">ASIABET777

EMAS787

EMAS787

EMAS787

EMAS787

EMAS787

POSTOTO787

EMAS787

https://atoemlak.com/

POSTOTO787

https://bkmchughlaw.com/

https://dinkeskotaambon.com/

Rajacukong

pola rtp live terbukti akurat

toto slot

tarkam88








skatwin

skatwin

togelup

jutawanbet

bakal ada insentif mahjong ways lagi oleh dj panda skatwin adu skil lawan mahjong menang dan masuk ke final turnmaen mahjong ways dj panda klarifikasi sukses luluhkan mahjong ways dan raih Rp100 juta mensos vidio alasan pgsfot bagi bagi kemenangan Rp160 juta dan puluhan ribuh rakyat meraihnya pesan oleh mahjong ways untuk adaptasi bagaimana scatter bermain secara sportif banyak cara klaim bocoran menang ratusan juta oleh mahjong ways kini mahjong ways limit kemenangan tak ada batas nya untuk di raih semua orang secara tidak sengaja emas mahjong hari ini, 26 juli 2025 naik drastis seorang bapak bapak mulai ngamen ini sukses mendapatkan hasil Rp98 juta oleh mahjong ways sangat terharu tukang kuli bangunan mendapatkan uang kaget di mahjong ways ibu ibu mendapatkan trip agar jago mahjong oleh dj panda al hasil mendapatkan rejeki tak terduga cerita seru dari bapak bapak dan tukang grab menang jackpot di mahjong wings kisah nyata ibu ibu heboh dapat rejeki nomplok main mahjong wing bareng tukang grab

skatwin