HUBUNGAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn

Agnes Ratnasari, Holilulloh Holilulloh, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The aim of this research was to explain how the relationship of learning management ability compared to civic learning result of 7thgrade students at SMP N 3 Metro (2014-2015). The method used in this research was correlational method by using quantitative approach with the sample of respondents were 32. The main technique to collect the data was by observation, questionnaire and interview. Based on data analysis, it was obtained that: (1) the ability of learning management by teacher of SMP N 3 Metro showed medium category; (2) students study result of SMP N 3 Metro showed results in the medium category; (3) Based on hypothesis analysis results, there was a strong relationship between the ability of learning management with civic learning result of 7th grade students at SMP N 3 Metro (2014-2015).

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimanakah hubungan kemampuan pengelolaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII G SMP N 3 Metro tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan sampel berjumlah 32 responden. Teknik pokok pengumpulan data dengan menggunakan observasi angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) kemampuan pengelolaan pembelajaran guru SMP N 3 Metro mempunyai kategori sedang ; (2) hasil belajar siswa SMP N 3 Metro menunjukan hasil dalam kategori sedang ; (3) Bedasarkan hasil analisis hipotesis yang dilakukan, maka terdapat tingkat keeratan hubungan yang kuat antara hubungan kemampuan pengelolaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII G SMP N 3 Metro tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata kunci : pengelolaan pembelajaran, hasil belajar, pembelajaran PPKn


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pidarta, M. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Robbin, Stephen P, Judge, Timothy. 2007. Perilaku Organisasi Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Rusman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Wina,S. 2008. Pembelajaran dalam kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Usman. 2002. Menjadi guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Yusup, Pawit M. 2012. Perspektif : Manajemen Pengetahuan Informasi, Komunikasi, Pendidikan dan Perpustakaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL KULTUR DEMOKRASI

Diterbitkan oleh:

 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1, Bandar Lampung
Homepage: http://pkn.fkip.unila.ac.id
E-mail: jkd.ppkn@fkip.unila.ac.id