PENGARUH PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL SISWA

Musdalipah Musdalipah, Holilulloh Holilulloh, Yunisca Nurmalisa

Abstract


This research was aimed at explaining the influence of Pancasia values understanding to student' social skills at SMP N 1 east Kota Agung. The method used in this my research was descriptive method. Variabel x in this rezearch was Pancasila values understanding while variabel y was students' social skills. There were 104 students as the population and the sample were 26 students. Data collecting technique of this research were questionnaire, interview, and documentation. And for data analysis, there was descriptive qualitative analysis. The result showed that there was positive effect, significant, and strong closeness category between the influence of Pancasila values understanding to students' social skills. In conclusion, both srudents and teachers should be Tutwuri Handayani.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan antara Pengaruh Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Kemampuan Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Kotaagung Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Variabel X dalam penelitian ini adalah pemahaman nilai-nilai pancasila sedangkan variabel Y dalam penelitian ini adalah kemampuan sosial siswa, populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 orang yang dijadikan sampel berjumlah 26 orang, teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini terdiri dari teknik pokok yaitu angket dan teknik penunjang yaitu wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh terhadap pengaruh yang positif, segnifikan, dan kategori keeratan kuat antara pengaruh pemahaman nilai-nilai pancasila terhadap kemampuan sosial siswa. Maka dari itu baik disekolah, guru maupun siswa harus tutwuri handayani.

Kata kunci: kemampuan sosial, nilai-nilai pancasila, pemahaman.


Full Text:

PDF

References


Chaplin.2004. Pengembangan Peserta Dididk. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Darmodiharjo. 1991. Moral Dan Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fajar. 2008. Pendidikan dan Pembinaan. Yokyakarta: Grafika Indah.

Jhonson. 1999. Kemampuan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kaelan, Achmad Zubaidi. 2010. Pendidikan kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma

Merrell,Gimpel. 1998. Dimensi Peserta Didik. Jakarta: PT Renika Cipta.

Mutadin.2006. Psikologi Pendidikan. Yokyakarta: PustakaBelajar

S.Fatimah,Ria.2010.Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Widjaja. 2004. Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: PT Refika Aditama.

www.Indotopinfo.com.2009. Online Kemampuan sosial. http:// wikipedia. com. Diakses 8 Novembe2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL KULTUR DEMOKRASI

Diterbitkan oleh:

 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1, Bandar Lampung
Homepage: http://pkn.fkip.unila.ac.id
E-mail: jkd.ppkn@fkip.unila.ac.id