PENGARUH KOMPETENSI GURU PPKN TERHADAP AKTIVITAS DAN MINAT BELAJAR SISWA

Intan Ayu Pratiwi, Berchah Pitoewas, Hermi Yanzi

Sari


The aim of this research was to explain how the influence of civic teachers competence on activity and interest in student learning in MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. The method that used in this research was descriptive method by using quantitative approach with the sample of respondents were 20. The main technique to submitted the data by used test and questionnaire. Independent variable in this research was understanding the influence of civic teachers competence on activity and interest in student learning. Based on data analysis it obtained the results of that: (1) civic teachers competence has quite good category; (2) student activity in learning has a less active category; (3) student interest in learning has a less interest category. Based on the result of the research then there is the influence of civic teachers competence on activity and interest in student learning in MTs Muhammadiyah Bandar Lampung.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimanakah pengaruh kompetensi guru PPKn terhadap aktivitas dan minat belajar siswa di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan sampel berjumlah 20 responden. Teknik pokok pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi guru PPKn variabel terikatnya adalah aktivitas dan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) Kompetensi Guru PPKn mempunyai kategori cukup baik; (2) Aktivitas belajar siswa mempunyai kategori kurang aktif; (3) Minat belajar siswa mempunyai kategori kurang berminat; (4) Bedasarkan hasil analisis hipotesis yang dilakukan, maka terdapat pengaruh kompetensi guru PPKn terhadap aktivitas dan minat belajar siswa di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung.

Kata kunci: aktivitas belajar siswa, kompetensi guru PPKn, minat belajar siswa


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Budinangsih, Asri.2004. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Guru dan Dosen. (Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 ). Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan dan Perpustakaan. 2003. Sistem Pendidikan Nasional (Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003). Bandung: Fokusmedia.

Manihuruk, Evalina. 2012. Pengaruh Kreativitas Guru Mengajar dan Minat Belajar SiswaTerhadap Hasil Belajar PadaMata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMPersada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Lampung: Universitas Lampung (Unila).

UUD 1945 Pasal 8 dan Pasal 10 mengenai Kompetensi Guru. Jakarta : Rineka Cipta.

Sardiman A. M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Raja. Jakarta: Garafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.