PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PKn

Endang Lusiati, Holilulloh Holilulloh, Hermi Yanzi

Abstract


This study was aimed at explaining the influence of the capability of teachers in making lesson plans (RPP) toward the motivation to study PKn for a student of class x in MAN 1 Poncowati Terbanggi Besar Lampung 2014/2015. The type of researd was descriptive research with the quantitative approach. Data analysis technique used chi squared formula. There were 330 students as the population and 46 respondents as the samples. Based on the data analysis and the effect test which had done by the researcher, it showed that there was close degree with result 0,82 that was included in the most powerful category been, it showed that there was an effect of teacher capability in making lesson plan to the students motivation in studying PKn in class X MAN 1 Poncowati. Therefore, students had to improve the learning process through arranging lesson plan and to improve learning motivation in well.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terhadap motivasi belajar PKn Siswa Kelas X di MAN 1 Poncowati Terbanggi Besar Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tehnik analisis data menggunakan rumus Chi Kuadrat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 330 dan sampel yang diambil sebanyak 46 responden. Berdasarkan analisis data dan pengujian pengaruh yang dilakukan, maka dalam penelitian ini terdapat derajad keeratan yaitu dengan hasil 0,82 berada pada kategori sangat berpengaruh, hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap motivasi belajar PKn siswa kelas X di MAN 1 Poncowati. Oleh karena itu siswa diharuskan untuk meningkatkan pembelajaran melalui penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan untuk meningkatkan motivasi belajar dengan baik.

Kata kunci: kemampuan guru, motivasi belajar, RPP.


Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Balajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

AM, Juhri. 2009. Landasan dan Wawasan Pendidikan Suatu Pendekatan Kompetensi Guru. Jakarta: Panji Grafika.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Renika Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendiknas. 2005. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.

Prawito, Febriawan Dwiadi. 2012. Pengertian Kemampuan. Online. http://www.scribd.com/doc/89466477/Pengertian-Kemampuan#scribd. Tanggal 23 Desember 2014.

Robbin, S.P. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT.Indeks.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL KULTUR DEMOKRASI

Diterbitkan oleh:

 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1, Bandar Lampung
Homepage: http://pkn.fkip.unila.ac.id
E-mail: pkn@fkip.unila.ac.id