PENGARUH PEMAHAMAN MAKNA SIMBOL KENEGARAAN TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA SMK YASMIDA AMBARAWA

Retno Ningsih, Holilulloh Holilulloh, Hermi Yanzi

Abstract


This research aimed to find out and explaining the influence of understanding state symbol meaning to the students nasionalism at SMK Yasmida Ambarawa. This research used descriptive method. There were 56 repondents as the sample of this research. Data analysis of this research was Chi Kuadrat. Based on the result of this research, it was shown that there was a closeness degree with contigency coefficient C = 0.66 and maximum contigency coefficient Cmax = 0.81 so that the researcher obtained the values 0.81 included to the very strong or very influential. It could be concluded that there was an influence of understanding state symbol to the students nasionalism at SMK Yasmida Ambarawa. Therefore, students were expected to have high awareness to the nasionalism so that they would knew the meaning inside of state symbol.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh pemahaman makna simbol kenegaraan terhadap sikap nasionalisme siswa SMK Yasmida Ambarawa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sampel penelitian ini 56 responden. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat derajat keeratan yaitu dengan koefisien kotigensi C = 0,66 an koefisien kontigensi maksimum Cmaks = 0,81 sehingga diperoleh nilai 0,81 dalam kategori sangat kuat atau sangat bberpengaruh. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemahaman makna simbol kenegaraan terhadap sikap nasionalisme siswa SMK Yasmida Ambarawa. Oleh karena itu siswa diharapkan memiliki kesadaran yang tinggi terhadap sikap nasionalisme agar dapat mengetahui makna-makna yang terkandung dalam simbol kenegaraan.

Kata kunci : nasionalisme, sikap, simbol kenegaraan


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2009. Psikologisocial. Jakarta: Rineka Cipta.

Azra, Azyumardi. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan (civic education) demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat madani. Jakarta: Prenandamedika.

Elmubarok, Zaim. 2007. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta Bandung.

Gerungan, W.A. 2009. Psikologisosial. Bandung : Refika Aditama.

Sitepu,p, Anthonius. 2012.Studi ilmu politik. Yokyakarta: Graha Ilmu

Taniredja, Tukiran. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Ombak.

Thomas, R Hoerr. 2007. Bukukerja Multiple Intelligences. Bandung: ptmizan

Winarno, 2013. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL KULTUR DEMOKRASI

Diterbitkan oleh:

 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1, Bandar Lampung
Homepage: http://pkn.fkip.unila.ac.id
E-mail: pkn@fkip.unila.ac.id