FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP PESERTA DIDIK MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN PKN

Sandika Putra, Berchah Pitoewas, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this research is to explain the factors that affect students' attitude in following civic education learning process.The method used in this research is descriptive method with a sample of respondents consisted of 56 students with proportion (percentage) as the data of analysis. Based on analysis of the data, it can be found that factors which affect students' attitude in following civic education subject learning process toward the presentation of material is classified as high category consisted of 60,71 %, while classified as average category is 32,14 %, and low category is 7,14 %. While caused by a factor of experience teachers which are classified as high category 19,64 %, average 60,71 %, and low is about 19,64 %. And caused by a factor of learning method which is categorised as high is about 35,71 %, average is about 46,42 % , and low is about 17,85 %.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan sampel yang berjumlah 56 orang responden dengan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan persentase. Berdasarkan analisis data dapat diketahui faktor yang mempengaruhi sikap peserta didik dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk faktor penyajian materi tergolong kategori tinggi yaitu 60,71%, sedangkan tergolong sedang 32,14%, dan tergolong rendah 7,14%. Sedangkan yang disebabkan oleh faktor pengalaman guru yang tergolong kategori tinggi 19,64%, tergolong sedang 60,71%, dan tergolong rendah 19,64%. Dan yang disebabkan oleh faktor metode pembelajaran yang tergolong tinggi 35,71%, tergolong sedang sebanyak 46,42%, dan yang tergolong kategori rendah sebesar 17,85%.

Kata kunci : peserta didik, proses pembelajaran, sikap.


Full Text:

PDF

References


Kaelan, Achmad Zubaidi. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Nawawi, Hadari. 2005. Metode Peneelitian. Jakarta: Ghalia.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Alfabeta.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sofhian, Subhan dan Gatara Asep Sahid. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Bandung: Fokus Media.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sunarto, Agung Hartono. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Winataputra, Udin S, Dasim B. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Internasional. Bandung: Widya Aksara Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.