HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM DISKUSI KELOMPOK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Lintang Ajeng Astrini, Adelina Hasyim, Hermi Yanzi

Sari


The purpose of this study is to explain and describe the teacher's ability relationship to manage the class in group discussion with student learning motivation. The method used in this study is quantitative descriptive research with all students of class VIII of Citizenship Education in State Junior High School 1 Bandar Sribhawono as the subject. The technique of collecting data was using questionnaires. Based on the research that has been done it can be seen that it is proved strong on contingency coefficient C= 0,55 and maximum contingency = 0,81. Based on these calculations, the level of the relationship with KAT= 0,67 show on the strong category. It means that, there is a very strong relation on the teacher's ability to manage the class in discussion groups with students' motivation.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan mendeskripsikan hubungan kemampuan guru mengelola kelas dalam diskusi kelompok dengan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas VIII mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terbukti kuat pada koefisien kontingensi C = 0,55 dan kontingensi maksimum = 0,81. Bedasarkan perhitungan tersebut maka tingkat keeratan hubungan dengan KAT = 0,67 berada pada kategori kuat. Artinya, terdapat hubungan yang sangat kuat pada kemampuan guru mengelola kelas dalam diskusi kelompok dengan motivasi belajar siswa.

Kata kunci: diskusi kelompok, kemampuan guru, mengelola kelas, motivasi belajar.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Robbins . 2007.Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Suhana, Cucu. 2008. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Suparlan. 2008. Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.