PENGARUH PENERAPAN MOVING CLASS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X DI SMK NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG T.P. 2012/2013

citra abdi negari, Berchah Pitoewas, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this study to explain include of moving class aplications towards learning effectiveness on ten class citizenship education at SMK N 5 Bandar Lampung lesson year 2012/2013. This research method using descriptions method is quantitative. Sample this research 32 respondent. Data analysis using Chi Square.Β Based on the result show presence significant include between moving class aplications towards learning effectiveness on ten class citizenship education at SMK N 5 Bandar Lampung lesson year 2012/2013. Be evidenced with calculation result using Chi Square formula so that for moving class applications towards learning effectiveness on citizenship education obtainable contingency coefficient C= 0,62 and maximum contingency coefficient πΆπ‘šπ‘Žπ‘˜π‘  = 0,812. According to these calculations then contingency coefficient C=0,62 in the category of strong. This suggests that include of moving class aplications towards learning effectiveness on ten class citizenship education at SMK N 5 Bandar Lampung lesson year 2012/2013 has a strong influence level of closeness.

Key words : Moving class, learning effectiveness


References


Ali, Mohammad. 1984. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa: Bandung ---------------------.1985. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa: Bandung Arikunto, Suharsimi. 1986. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bina Aksara: Jakarta -------------------------. 2001. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta -------------------------. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta Budimansyah, Dasim dan Suryadi, Karim. 2008. PKN dan Masyarakat Multi Kultural. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung BSNP. 2006. Standar Isi Pendidikan Kewarganegaraan SMA/MA Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual. Depdiknas: Jakarta

--------------. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu. Depdiknas: Jakarata --------------. 2007. Standar Penilaian Pendidikan. Depdiknas: Jakarta Erik, Ade. 2009. β€œ Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran TIK”. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer FPMIPA UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan. Erwin, Muhamad. 2012. Pendidikan Kewaraganegaraan Republik Indonesia. Refika Adiatama: Bandung Hadi, Sutrisno. 1981. Metodologi Research. Yayasan Penelitian Fakultas Ilmu Psikologi UGM: Yogyakarta ---------------. 1986. Metodologi Research. Yayasan Penelitian Fakultas Ilmu Psikologi UGM: Yogyakarta

Harianto,Arif. 2012. www.scribd.com/doc/97768847/Proposal-Ptk-Dasar-Elektronika [ 25 November 2012 Pukul 11:00] Juknis Pelaksanaan Sistem Belajar Moving Class di SMA.2010

Khaerudin. 2009. http://www.alkausar.org [ 27 September 2012 Pukul 09:00 ] Komalasari, kokom. 2012. Pembelajaran Kontekstual. Refika Aditama: Bandung Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP AMP YKPN: Yogyakarta Martinis Yamin. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Referensi : Jakarta Muhammad Ali. 1994. Strategi Penelitian Pendidikan. Angkasa: Bandung. Nurmalina, Komala dan Syaifullah. 2008. Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Labolatoruim Pendidikan Kewarganegaraan.FPIPS.Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung

Noor, Dharma Andinandra. 2012. Konsep Efektivitas dalam Pembelajaran. http://dharmabelimbing.blogspot.com/2012/03/konsep-efektivitas-dalam-pembelajaran.html [25 November 2012 Pukul 11:50] Peraturan Menteri Pendidikan Nasioal No 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi

Purwanto. 2008. http://purwanto65.wordpress.com/2008/07/21/moving-class/ [ 27 September 2012 Pukul 10:10]

Rohani, Ahamad. 2010. Pengelolaan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta Ronny Prelysia. 2007. http:// Indonesiaschol.org [ 27 September 2012 Pukul 09:10] Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group: Jakarata Segala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta: Bandung

Setiawan, Hery John. 2010 dalam http://esdikimia.wordpress.com/ssn/panduan-moving-class/comment-page-1/#comment-893 [ 27 September 2012 Pukul 10:00] Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta Steers, M.Richard. 1985. Efektivitas Organisasi. Erlangga:Jakarta Sudjana. 1996. Metode Statistika. Trasito: Bandung Sudjarwo dan Basrowi. 2008. Pranata dan Sistem Pendidikan. Jenggala Pustaka Utama: Jawa Timur ---------------------------. 2009. Manajemen Penelitian Sosial. Mandar Maju: Bandung Syach, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. PT Raja Garfindo: Jakarta Tangkilisan. 2005. Manajemen Publik. PT Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Warsita, Bambang. 2008. Tekhnologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Rineka Cipta: Jakarta Wuryan, Sri dan Syaifullah. 2008. Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI: Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.