PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA

Rizki Fajar Abidin, Berchah Pitoewas, M.Mona Adha

Abstract


The purpose of this research to explain the role of education teacher citizenship in developing intelligence moral students. A method of this research is a method of descriptive qualitative, this research is population research with respondents of 3 people education teacher of citizenship. Research instruments tested with data qualitative analysis technique. The results of research shows, in an educate indicator of 52,8 % play a role for a teacher in educating the students, an indicator of supervising is 59,4 % of asserting the existence of the influence played the role to the changing moral students, an indicator give good example of 56,1 % influential role in instilling enough of the value of moral by means of giving an example of good example. It can be inferred that the role of teacher education citizenship in developing intelligence moral very played an important role in creating the students noble character and can create societies based on the value and norms which prevails in society.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Metode dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif, penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan responden 3 orang Guru Pendidikan Kewarganegaraan. Instrumen penelitian diuji dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan, dalam indikator mendidik sebesar 52,8% berperan bagi seorang guru dalam mendidik siswa/i, indikator mengawasi sebesar 59,4% menyatakan adanya pengaruh yang berperan terhadap perubahan moral siswa, indikator memberikan contoh yang baik sebesar 56,1% berpengaruh cukup berperan dalam menanamkan nilai moral dengan cara memberikan contoh teladan yang baik. Dapat disimpulkan bahwa Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral sangat berperan penting dalam menciptakan siswa/i yang berakhlak mulia serta dapat menciptakan peradaban yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Kata kunci : kecerdasan moral, pendidikan kewarganegaraan, peran guru.


Full Text:

PDF

References


Akbar, Ali Ibrahim. 2000. Pendidikan Karakter. USA : Harvard University.

A.M, Sardirman. 2004. Interaksi dan Motivsi Belajar Mengajar, Jakarta : Rajagrafindo Persada (Rajawali Pers).

Borba. 2001. Building Moral Intelligence, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Borba, Michele. 2008. Membangun Kecerdasan Moral, Jakarta: Perguruan Tinggi Gramedia Pustaka Utama.

Kemendiknas.2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta. Grasindo.

Nasir, Muhammad.1985.Metodologi Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Suparno, Paul, SJ dkk.2004. Pendidikan Budi Pekerti. Yogyakarta: Kanisius.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Beserta Penjelasannya, Bandung : Citar Umbara Bandung.

Winataputra, U.S. dan Budimansyah, D.2007.Civic Education, Konteks, Landasan, Bahan Ajar Dan Kultur Kelas. Bandung: Program Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Pasca Sarjan UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.