PENGARUH PENGUASAAN KONSEP DIRI DAN PENEGAKAN PERATURAN TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN
Abstract
The purpose of this research to explain the influence of mastery self-concept students in a school and enforcement of rules on the discipline on Xth grade of student of Senior High School 1 Sukoharjo District Pringsewu Academic Years 2013/2014. The method used in this research is the kind of descriptive survey research by quantitative approach which samples research were 74 of participants. This research is using a questionnaire as instrument measurements. While data analysis uses interval formula, presentation and continues with bifilar linear regression analysis. The result from analysis of data by using linear regression in partial showed that variable of self-concept mastery and regulation enforcements have a significant influence on the discipline of the students.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh penguasaan konsep diri siswa di sekolah dan penegakan peraturan terhadap tingkat kedisiplinan siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif survey dengan pendekatan kuantitatif yang sampel penelitian berjumlah 74 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengukuran. Sementara analisis data dengan rumus interval, presentasi dan dilanjutkan analisis regresi linier berganda. Hasil dari analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda secara parsial menunjukan bahwa variabel penguasaan konsep diri siswa dan penegakan peraturan berpengaruh secara simultan signifikan terhadap tingkat kedisiplinan siswa.
Kata kunci: kedisiplinan, konsep diri, peraturanFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanta dan Tasrial. 2012. Konsep Pembelajaran Kreaatif. Yogyakarta: Grava Media.
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Djamarah. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Adi W. 2004. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Jakarta: Balai Pustaka.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.