STUDI TENTANG PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENILAIAN AUTENTIK JENIS PORTOFOLIO PADA KURIKULUM 2013

Nina Widiyanti, Berchah Pitoewas, Yunisca Nurmalisa

Abstract


This research has the purpose to know how the teacher's understanding on authentic scoring at 2013 curriculum. The method of this research is descriptive with four PPKN teachers as subject who’s made as the sample of this research. Main technique which is used is poll, while interview and documentation are used as supporting technique. Based on the result of research which had been done, it can be known that there are two among four respondents who have limited understanding about authentic scoring in the form of portfolio.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pemahaman guru terhadap penilaian autentik jenis portofolio pada kurikulum 2013. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan subjek penelitian guru PPKN yang berjumlah 4 orang yang akan dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pokok yang digunakan adalah angket, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik penunjang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat 2 responden dari 4 responden kurang memahami terhadap penilaian autentik jenis portofolio.

Kata kunci: pemahaman guru, penilaian autentik, portofolio.


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Budimansyah, Dasim. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio. Bandung: PT. Genesindo.

Dakir. 2010. Perencanaan & Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2008. Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B., 2000. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. jakarta. PT Rineka Cipta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi kurikulum 2013 SMP Pendidikan Pancasila ddan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kusnandar. 2009. Guru Profesional Implementasi KTSP dan sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2011. Pembelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: kencana.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Zainul, Hasmawi dan Noehi Nasution. 2001. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.