PENGARUH SIKAP DAN PRILAKU GURU PADA SAAT MENGAJAR DI KELAS

Kesuma Wardani, Berchah Pitoewas, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this study was to clarify the effect of teachers' attitudes and behavior towards learners interest in participating in Civics subject in class X in SMK Muhammadiyah 3 Metro. Based on the results of the study, it shows that attitude of the teacher indicator of understanding , feeling and readiness of teachers in the category of the influential and behavioral indicators of teacher behavior that is closed and an open attitude into the category quite influential . This suggests that the attitudes and behavior of teachers when teaching in the classroom to the students' learning interest influence in SMK Muhammadiyah 3 Metro . Therefore, teachers are expected to increase and pay attention to the educational needs of learners.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh sikap dan perilaku guru terhadap minat peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran PKn pada kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Metro.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan dari sisi sikap guru dari indicator pemahamman, perasaan dan kesiapan guru masuk ke kategori cukup berpengaruh dan dari sisi perilaku guru yakni indikator perilaku tertutup dan prilaku terbuka  masuk ke kategori cukup berpengaruh. Hal ini menunjukkan bahwa sikap dan perilaku guru pada saat mengajar di kelas terhadap minat belajar peserta didik cukup berpengaruh di SMK Muhammadiyah 3 Metro. Oleh sebab itu kepada guru diharapkan dapat meningkatkan dan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan pendidikan peserta didik.

Kata kunci :  minat belajar, pendidikan, sikap dan perilaku guru


Full Text:

PDF

References


Ananda,2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Azwar, 2000. Perencanaan pembelajaran. Jakarta. Sinar grafika.

Bernstein, 2008. Peranan Guru dalam Mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pkn Di SMP Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2007/2008. Lampung.

Chaplin J P, 2006 Peranan Guru dalam Mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Lampung.

Hamalik, Oemar. 1983 Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

Notoadmodjo, 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Darmawan Tomi, 2007. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Rosenberg dan Hovlan 1960. Pemahamman Tentang Prospek Kerja Guru. Jakarta. Bumi Aksara.

Ramdhani. 2008. Sekolahnya Manusia Sekolah Berbasis Multiple Intelligences Di Indonesia. Bandung. Kaifa.

Sofyan Ahmad. 1982. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta

Darmawan Tomi, 2007. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sarwono, 1982 Perkembangan Peserta Didik . Jakarta. PT.Rineka Cipta.

Widiyanta, Masri 2002. Psikologi belajar. Jakarta. Rineka cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL KULTUR DEMOKRASI

Diterbitkan oleh:

 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1, Bandar Lampung
Homepage: http://pkn.fkip.unila.ac.id
E-mail: jkd.ppkn@fkip.unila.ac.id