PENGARUH PEMAHAMAN DIRI TERHADAP KESESUAIAN MINAT MEMILIH JURUSAN

Nisa Yustiana, Holilulloh Holilulloh, Yunisca Nurmalisa

Sari


This research aims to explain the influence of self-understanding toward the interest appropriateness of choosing the majors. The problem of this research is how the influence of self-understanding of the interest appropriateness majors. This research is quantitative type, research by using influence test  of variables to check. Population in this research is 91 students, so the sample taken that is counted 91 students. Based on the result of research which have been done, it is known that there are hand in glove degree, that is with coefficient of kontigensi C= 0,33 and coefficient of kontigensi Cmaks= 0,81 so that obtained by value 0,41.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pemahaman diri terhadap kesesuaian minat memilih jurusan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh pemahaman diri terhadap kesesuaian minat memilih jurusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji pengaruh antar variabel-variabel yang akan diteliti. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 91 peserta didik, sehingga sampel yang diambil yaitu sebanyak 91 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat derajat keeratan, yaitu dengan koefisien kontigensi C= 0,33 dan koefisien kontigensi Cmaks= 0,81 sehingga diperoleh nilai 0,41.

Kata kunci: kesesuaian minat, memilih jurusan, pemahaman diri.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Hurlock, E. 1991. Psikologi Perkembangan:Susatu Pengantar Sepanjang Rentangan Kehidupan. 1997. Terjemahaman oleh Istiwidyanti. Jakarta: Erlangga.

Munandir, 1996. Program Bimbingan Karuer di Sekolah. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Santrock, John., W. 1996. Adolescence, 6 Edition: Adolescence Perkembangan Remaja. Terjemahan Adelar, S.B., Saragih, Sherly. 2003. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.