ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013

Andi Yulianto, Adelina Hasyim, Yunisca Nurmalisa

Abstract


This research aims to explain and analyze the teacher readiness on implementing 2013 curriculum. The research question in this research is, how is the readiness of teacher in implementing 2013 curriculum. This research use quantitative descriptive method. The data collection technique used are questionaire, interview and documentation. The data analysis technique used are interval/ratio and percentage. The population in this research was 25 respondents. Based on the research findings, it was found that the teacher readiness in preparing RPP(Lesson Plan) of 2013 curriculum is considered to be quite ready fulfiling for 48%. Teacher readiness on the application of ICT is also considered to be quite ready fulfiling for 52%. Teacher readiness on the application of scientific approach is considered to be quite ready fulfiling for 68%. Teacher readiness on autheentic assessment is considered to be quite ready fulfiling for 44%. Teacher readiness on the implementation of 2013 curriculum based learning is considered to be quite ready fulfiling for 52%.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. TeknikĀ  pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah interval dan persentase. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 25 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kesiapan guru dalam menyusun RPP kurikulum 2013 dinyatakan cukup siap yaitu sebanyak 48%. Kesiapan guru dalam pemanfaatan media ICT dinyatakan cukup siap yaitu sebanyak 52%. Kesiapan guru dalam penerapan pendekatan saintifik dinyatakan cukup siap yaitu sebanyak 68%. Kesiapan guru dalam penilaian autentik dinyatakan cukup siap yaitu sebanyak 44%. Kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 dinyatakan cukup siap yaitu sebanyak 52%.

Kata kunci: implementasi kurikulum 2013, kesiapan guru, pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Kunandar. 2007. Guru Profesional, Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : PT.Remaja. Rosdakarya.

Nana Syaodih, Sukmadinata. 1997. Pengembangan Kurikum; Teori dan Praktek. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.