PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI TERHADAP KESIAPAN GURU

Ranissa Delafini, Holilulloh Holilulloh, Yunisca Nurmalisa

Sari


This research aims to explain and analyze the influence of teacher's ability in developing  indicator of competency accomplishment to readiness of teaching. The problem of this research is what the influence of teacher’s ability in developing indicator accomplishment of competency to readiness of teaching. This research is quantitative type, by using test influence of variables to be checked. Population of this research counted 17 teachers. Based on the result of the research which have been done, it can be seen that there are hand in glove degree, that is with coefficient of contingency C=0,66 and coefficient of contingency Cmaks=0,81 so that optained by value 0,81. It means that there are very strong influence at teacher’s ability in developing indicator attaitment of competency to readiness of teaching.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh kemampuan guru dalam mengembangkan indikator pencapaian kompetensi terhadap kesiapan guru dalam mengajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh pengaruh kemampuan guru dalam mengembangkan indikator pencapaian kompetensi terhadap kesiapan guru dalam mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji pengaruh antar variabel-variabel yang akan diteliti dengan. Analisis data menggunakan Chi kuadrat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 17 guru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat derajat keeratan, yaitu dengan koefisien kontigensi C= 0,66 dan koefisien kontigensi Cmaks= 0,81 sehingga diperoleh nilai ekat = 0,81. Artinya bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat pada pengaruh kemampuan guru dalam mengembangkan indikator pencapian kompetensi terhadap kesiapan guru dalam mengajar di SMA Negeri 2 Pringsewu Tahun Pelajaran 2013/2014.

Kata kunci: kemampuan guru, kesiapan guru dalam mengajar, pengembangan  indikator pencapaian kompetensi


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). 2008. Panduan Pengembangan Indikator. Jakarta: Depdiknas

Djam’an, Satori. 2012 . Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Robbins, S.P. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT.Indeks

Susilana, R. et al. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran. Ed.2. Bandung: Jurusan kutekpen FIP UPI


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.