FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERGESERAN MORAL DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK
Abstract
The objective of the research is to know factors of students moral and ethis deviation at the tenth class of SMAN 13 Bandar Lampung in 2013/2014. To conduct the research, the writer used descriptive qualitative method. The subject of the research is the tenth class and the number of samples is 40 students. The main technique that is used in this research is questionnaire while observation and documentation is the supporting techique. Percentage is used for data analysis technique. Based on the result of the research, it was known that internal factor (themselves) has 62,5% percentage while external factor (mass media) has 52,5% percentage, and other factors have influence too as an example is environmental factor.
Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor penyebab pergeseran moral dan budi pekerti peserta didik kelas X di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas X dengan sampel 40 orang. Teknik pokok yang digunakanangket, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik penunjang. Teknik analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa faktor internal (diri sendiri) pesentase 62,5% dan faktor eksternal (orang tua) pesentase 72,5%, (media massa) pesentasenya52,5%, dan faktor lain yang juga mempengaruhi seperti faktor lingkungan.
Kata kunci: budi pekerti, pergeseran moral, peserta didik
Full Text:
PDFReferences
Cahyoto .2001. pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta:Depdiknas.
Suparno, Paul. ddk. 2004. Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah Suatu Tinjauan Umum. Yogyakarta: Kanisius.
UUSPN (SISDIKNAS). 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Citra Umbara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.