PENGARUH POTENSI DAN AKTUALISASI DIRI TERHADAP MINAT SISWA MENJADI PENGURUS OSIS

Aprillina Aprillina, Irawan Suntoro, Yunisca Nurmalisa

Abstract


This research aims to explain the influence of potency and self actualization to student interest become to the member official of OSIS. The problem of this research is how the influence of potency and self actualization to student interest become to the member official of OSIS. The method of this research is quantitative with ex-post facto approach. Data collecting technique use question form and data analysis technique use regression. The sample of this research amount 33 students. Based on the result of research which have been done, it can be seen that there are the influence between of potency and self actualization to student interest become to the member official of OSIS.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh potensi dan aktualisasi diri terhadap minat siswa menjadi pengurus OSIS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh potensi dan aktualisasi diri terhadap minat siswa menjadi pengurus OSIS. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Sampel penelitian ini berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan regresi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antara potensi dan aktualisasi diri terhadap minat siswa menjadi pengurus OSIS.

Kata kunci: aktualisasi diri, minat siswa, OSIS, potensi diri

 


Full Text:

PDF

References


Adam, Tony. 2012. Aktualisasi Diri. Online http://rokokdankorek.blogspot.com/2012/12/ktualisasi-diri-menurut-prespektif.html diakses pada 14 November 2013

Ariyani, Tri. 2011. Hubungan Antara Lingkungan Keluarga dan Minat Siswa dalam Belajar Ekonomi dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 1 Seputih Raman Tahun Pelajaran 2010/2011. Lampung: Universitas Lampung (Unila).

Asmadi. 2008. Teknik Prosedural Konsep & Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Jakarta: Salemba Medika.

Cervone, Daniel dan A. Pervin. 2011. Kepribadian Teori dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Habsari, Sri. 2005. Bimbingan & Konseling SMA Kelas XI. Jakarta: Grasindo.

Majdi, Udo Yamin Efendi. 2007. Quranic Quotient. Jakarta: Qultum Media.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.