PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
This research aims to explain the influence of teacher’s example of the attitude of student learning. The problem of this research is how the influence of teacher’s example of the attitude of student learning. This research is quantitative type, research by using test influence of variables to be checked. Population of this research counted 297 students, so that taken sample counted 20% that is counted 59 students. Based on the result of research which have been done, it can be seen that there are hand in glove degree, that is with coefficient of contigency C= 0,39 and coefficient of contigency Cmaks= 0,81 so that obtained by value 0,48.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh keteladanan guru terhadap sikap belajar peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh keteladanan guru terhadap sikap belajar peserta didik.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji pengaruh antarvariabel-variabel yang akan diteliti. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 297 peserta didik, sehingga sampel yang diambil sebanyak 20% yaitu sebanyak 59 peserta didik.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapatderajat keeratan, yaitu dengan koefisien kontigensi C=0,39 dan koefisien kontigensi Cmaks= 0,81 sehingga diperoleh nilai 0,48.
Kata kunci: keteladanan guru, peserta didik, sikap belajar
Full Text:
PDFReferences
Arif, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Elmubarok, Zaim. 2008.Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Surya, Mohammad. 2003. Percikan Perjuangan Guru. Semarang: PT. Aneka Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.