Jurnal Kultur Demokrasi


Journal Homepage Image

Announcements

 

MEKANISME PENDAFTARAN, PENGUNGGAHAN, DAN PENCETAKAN JURNAL ON LINE MAHASISWA MENJADI AUTHOR DI OPEN JURNAL SYSTEM (OJS) PROGRAM STUDI DI LINGKUNGAN FKIP UNILA

 

MEKANISME PENDAFTARAN, PENGUNGGAHAN, DAN PENCETAKAN JURNAL ON LINE

MAHASISWA MENJADI AUTHOR DI OPEN JURNAL SYSTEM (OJS)

PROGRAM STUDI DI LINGKUNGAN FKIP UNILA

 

PENDAFTARAN:

1. Mahasiswa membuka website http://jurnal.fkip.unila.ac.id/

2. Mahasiswa mengklik tautan Register di laman web jurnal fkip unila

3. Mahasiswa memilih dan mengklik nama jurnal on - line Program Studi sesuai

    Program studinya masing – masing.

4. Mahasiswa mengisi isian Profile terutama yang memiliki tanda bintang (*) yang terdiri  

    dari :

a. Username, diisi dengan memasukkan Nomor Pokok Mahasiswa

  (contoh: 1013042033).

b. Password, diisi dengan memasukan minimal 6  karakter boleh huruf, angka atau

   gabungan keduanya.

  1. Repeat password, diisi dengan memasukan kembali password yang dibuat di kolom password pertama.
  2. b.    Salutation, kolom ini berisi mengenai salam dari calon author (boleh tidak diisi).
  3. First Name, diisi dengan memasukan nama pertama dari keseluruhan nama (full name) mahasiswa.
  4. Middle Name, diisi dengan memasukan nama kedua atau nama tengah mahasiswa. Apabila nama mahasiswa hanya terdiri dari 2 kata, maka kolom Middle Name tidak perlu diisi.
  5. Last Name, diisi dengan memasukan nama terakhir mahasiswa. Jika nama mahasiswa hanya terdiri dari 1 kata, maka kolom Last Name diisi dengan kembali memasukkan nama pertama.
  6. Initials, diisi dengan memasukan inisial nama mahasiswa (Contoh: Budi Kadaryanto, Initials : BK).
  7. Gender, pada kolom ini mahasiswa harus mengklik tanda panah yang tersedia dan memilih M untuk pria atau F untuk wanita.
  8. Affiliation, kolom ini merupakan keterangan mengenai lembaga calon penulis (author) bernaung.
  9. Signature, kolom ini adalah kolom tanda tangan (boleh tidak diisi).
  10. E-mail, diisi dengan memasukan email aktif mahasiswa baik dari yahoo mail, gmail, unila mail, ymail, dan yang lainnya. 
  11. Confirm E-mail, diisi dengan kembali memasukan e-mail yang dibuat di kolom e-mail.
  12. URL, diisi dengan memasukan website pribadi atau link (boleh tidak diisi).
  13. Phone, diisi dengan memasukan nomor telepon aktif mahasiswa.
  14. Fax, diisi dengan memasukan nomor fax aktif mahasiswa (boleh tidak diisi).
  15. Mailing Address, diisi dengan memasukan alamat surat yang bisa dihubungi.
  16. Country, pada kolom ini mahasiswa harus mengklik tanda panah yang tersedia dan memilih “Indonesia” sebagai negara asal.
  17. Bio Statement, diisi dengan memasukan deskripsi pribadi, misalnya program studi.
  18. Confirmation, pada kolom ini mahasiswa harus memberi tanda √ pada      Send me a confirmation email including my username and password.
  19. Working Languages, beri tanda √ pada     English.
  20. Setelah Kolom Profile diisi, kemudian mahasiswa mengklik kolom Register.
  21. Catat Username dan Password anda. Sistem OJS FKIP Unila tidak menyediakan

     bantuan pengingat Username dan Password.

v. Setelah seluruh proses di atas dilakukan, maka mahasiswa dapat menemui  

    pengelola jurnal on line program studi masing – masing untuk minta diaktifkan 

    sebagai author jurnal on line.

 

PENGUNGGAHAN

  1. Setelah diaktifkan, secara otomatis mahasiswa dapat mengirimkan artikel jurnalnya secara on line di jurnal prodi masing – masing melalui website http://jurnal.fkip.unila.ac.id/

2. Login, masukkan username dan password yang telah diaktifkan.

3. New Submission, silahkan klik link ini untuk memulai pengunggahan.

4. Journal Section, pada bagian ini mahasiswa harus mengklik tanda panah yang tersedia

    dan memilih jenis artikel yang akan diunggah. (contoh : artikel, penelitian tindakan

     kelas, dst.).

5. Submission Checklist, berilah tanda √ pada setiap     pilihan yang disediakan.

6. Comments for the Editor, pada bagian ini mahasiswa dapat memberikan pesan 

    kepada editor jurnal on line terkait penerbitan (boleh tidak diisi).

7. Save and continue, klik link ini dan pastikan semua pilihan telah diberi tanda √.

8. Submission File, klik “browse” untuk mencari file artikel yang akan anda unggah

    dengan ketentuan sebagai berikut :

    a. File artikel berukuran tidak lebih dari 1 MB.

    b. File artikel disimpan dalam format PDF.

    c. File artikel yang diunggah adalah file artikel lengkap dan terdiri dari Judul,

        Abstrak,  Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Daftar

        Rujukan.

    d. Panjang artikel antara 12 – 15 halaman.

9. Upload, klik link ini setelah anda menemukan file yang akan diunggah.

10. Save and continue, klik link ini dan pastikan anda telah mengupload file yang akan

      diunggah.

11. Authors terdiri atas 3 (tiga) nama penulis yamg terdapat pada artikel dengan

      ketentuan sebagai berikut:

      a. Author 1 adalah nama mahasiswa yang bersangkutan.

  • First Name, diisi dengan memasukan nama pertama dari keseluruhan nama (full name) mahasiswa dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata.
  • Middle Name, diisi dengan memasukan nama kedua atau nama tengah mahasiswa dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata. Apabila nama mahasiswa hanya terdiri dari 2 kata, maka kolom Middle Name tidak perlu diisi.
    • Last Name, diisi dengan memasukan nama terakhir mahasiswa dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata. Jika nama mahasiswa hanya terdiri dari 1 kata, maka kolom Last Name diisi dengan kembali memasukkan nama pertama.
    • E-mail, diisi dengan memasukan e-mail aktif mahasiswa baik dari yahoo mail, gmail, unila mail, ymail, dan yang lainnya.
    • Country, pada kolom ini mahasiswa harus mengklik tanda panah yang tersedia dan memilih “Indonesia” sebagai negara asal.
      • Add Author, klik link ini untuk menambahkan nama Author 2.

      b. Author 2 adalah nama Pembimbing I.

  • First Name, diisi dengan memasukan nama pertama dari keseluruhan nama (full name) Pembimbing I dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata.
  • Middle Name, diisi dengan memasukan nama kedua atau nama tengah Pembimbing I dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata. Apabila nama Pembimbing I hanya terdiri dari 2 kata, maka kolom Middle Name tidak perlu diisi.
    • Last Name, diisi dengan memasukan nama terakhir Pembimbing I dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata. Jika nama Pembimbing I hanya terdiri dari 1 kata, maka kolom Last Name diisi dengan kembali memasukkan nama pertama.
    • E-mail, diisi dengan memasukan e-mail aktif Pembimbing I baik dari yahoo mail, gmail, unila mail, ymail, dan yang lainnya.
    • Country, pada kolom ini mahasiswa harus mengklik tanda panah yang tersedia dan memilih “Indonesia” sebagai negara asal.
      • Add Author, klik link ini untuk menambahkan nama Author 3.

      c. Author 3 adalah nama Pembimbing II.

  • First Name, diisi dengan memasukan nama pertama dari keseluruhan nama (full name) Pembimbing II dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata.
  • Middle Name, diisi dengan memasukan nama kedua atau nama tengah Pembimbing II dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata. Apabila nama Pembimbing II hanya terdiri dari 2 kata, maka kolom Middle Name tidak perlu diisi.
    • Last Name, diisi dengan memasukan nama terakhir Pembimbing II. Jika nama Pembimbing II hanya terdiri dari 1 kata, maka kolom Last Name diisi dengan kembali memasukkan nama pertama.
    • E-mail, diisi dengan memasukan e-mail aktif Pembimbing II baik dari yahoo mail, gmail, unila mail, ymail, dan yang lainnya.
    • Country, pada kolom ini mahasiswa harus mengklik tanda panah yang tersedia dan memilih “Indonesia” sebagai negara asal.

12. Title, ditulis dengan singkat dan padat, maksimum 12 kata dan dicetak dengan huruf  

       Kapital.

  • Untuk artikel berbahasa Indonesia, maka judul ditulis menggunakan bahasa Indonesia
  • Untuk artikel berbahasa Inggris, maka judul ditulis menggunakan bahasa Inggris

13. Abstract, masukkan abstrak artikel anda pada bagian ini dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jumlah kata pada Abstract termasuk kata kunci tidak lebih dari 300 kata.
  • Untuk artikel berbahasa Indonesia, Abstract hanya terdiri dari 1 (satu) paragraf berbahasa Inggris dan 1 (satu) paragraf bahasa Indonesia. Untuk artikel berbahasa Inggris, Abstract terdiri dari 1 (satu) paragraf bahasa Indonesia dan 1 (satu) paragraf bahasa Inggris. Gunakan “enter” untuk memisahkan paragraf.
  • Keywords (Kata kunci) terdiri dari 3 – 5 kata kunci. Keywords (Kata kunci) ditulis menggunakan huruf kecil dan diurutkan sesuai abjad. Untuk artikel berbahasa Indonesia, maka kata kunci tetap menggunakan bahasa Indonesia. (contoh: Kata kunci: analisis kinerja, guru pembimbing, penyusunan program bimbingan konseling). Untuk artikel berbahasa Inggris, maka kata kunci tetap menggunakan bahasa Inggris. (contoh: Keywords: achievement, listening, song, vocabulary).
  • Abstract merupakan bagian dari sistem OJS FKIP Unila, sehingga anda tidak perlu kembali memasukkan kata “Abstract/Abstrak” pada kolom ini.

14. References, masukkan references/daftar rujukan yang terdapat pada artikel anda.

      References merupakan bagian dari sistem OJS FKIP Unila, sehingga anda tidak

      perlu kembali memasukkan kata “references/daftar rujukan” pada kolom ini. Catatan: atur daftar rujukan anda, gunakan “enter” untuk memisahkan rujukan anda satu dengan yang lainnya agar tidak tumpang tindih.

15. Supplementary Files, merupakan file pendukung/tambahan artikel dan tidak

      perlu diisi jika anda tidak memilikinya, cukup klik save and continue.

16. File Summary, pada bagian ini silahkan klik Finish Submission.

17. Awaiting Assignment, adalah tanda artikel anda telah berhasil diunggah dan berstatus

     sedang dalam proses tunggu yang dapat dicek pada Active Submission.

PENCETAKAN PRINT SCREEN

1. Mahasiswa bisa mengecek apakah artikelnya telah diterbitkan melalui accountnya

    masing-masing.

2. Complete, adalah tanda artikel anda telah diterbitkan dan dapat dicek pada Active

    Submission.

3. Archive, klik link ini untuk melihat data terbitan jurnal manakah artikel anda

    diterbitkan (misal, Vol 1, No 2 (2013) : Jurnal Pendidikan Progresif)

4. Pilihlah artikel anda dengan mengklik judul artikel.

5. Cetaklah langsung artikel anda (print screen) melalui account anda dengan ketentuan

   sebagai berikut:

  • Print screen dicetak dalam satu halaman
  • Print screen  memuat nama jurnal, data terbitan, judul,nama penulis, abstract, full text :PDF, references, dan user dengan Nomor Pokok Mahasiswa anda.
 
Posted: 2013-05-02
 
More Announcements...