Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi
Abstract
Artikel bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) implementasi pendidikan karakter pada jenjang pendidikan tinggi; (2) nilai-niali karakter yang terinternalisasi dalam perkuliahan; dan (3) pola serta wadah implementasi pendidikan karakter pada jenjang pendidikan tinggi. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data di lakukan melalui observasi dan studi literatur. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pendidikan karakter pada jenjang pendidikan tinggi, diantaranya pada kegiatan ko-kurikuler dan ektrakurikuler, (2) nilai-nilai karakter yang terinternalisasi dalam perkuliahan, terutama pada mata kuliah tertentu seperti pendidikan etika dan kearifan lokal, pendidikan integritas dan anti korupsi, serta pendidikan Pancasila dan pendidikan kewarganegaraan, (3) pola serta wadah implementasi pendidikan karakter pada jenjang pendidikan tinggi, khususnya di Universitas Lampung Nampak dari beberapa kebijakan kampus diantaranya kebijakan parker terpadu, green campus, pasar rakyat, dan penerapan kartu parkir.
References
Anastasya. (2013). Globalisasi dan Dampaknya pada Kebudayaan Indonesia. [Online]. diakses http://summerviscountess.blogspot.co.id/2013/10/globalisasi-dan-dampaknya-pada.html.
Eley, G., & Ronald Grigor Sony (ed.). (1996). Becoming National, A Reader. New York: Oxford University Press.
Haryanto. 2011. Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Mei 2011, Th. XXX, 15-27. Edisi Khusus Dies Natalis UNY.
Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.
Kesuma, Ine Aryani & Markum Susatim. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indonesia
Mentari, A. 2017. Study Thought Ki Hajar Dewantara on The Concept of Character and National Education. In 4th International Conference on English Literature and Humanities (ELH-2017) (pp. 480-484).
Mentari, A. (2017). Kajian Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Karakter Bangsa dan Pendidikan Kebangsaan, 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Mentari, A., Yanzi, H., & Nopiana, N. (2020, August). Character Building Since Early Childhood Through Story Telling About Folklore. In International Conference on Early Childhood Education and Parenting 2009 (ECEP 2019) (pp. 43-47). Atlantis Press.
Miles, Mathew B, & A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Dialih bahasakan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi & Mulyarto. Cetakan I. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Newsweek. Special Edition. July-September (2000). The New Asia.
Nurmalisa, Y., Mentari, A., Nurhayati, N., & Yanzi, H. Peranan Pendidikan Budi Pekerti Dalam Pembinaan Warga Negara Cerdas yang Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip 2019 (pp. 413-426).
Samani, M., & Hariyanto (2016). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Soedarsono, S. (2009). Karakter mengantar bangsa dari gelap menuju terang. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Syarbaini, Syahrial. 2012. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Edisi Revisi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Tilaar, H.A.R. & Riant Nugroho. (2009). Kebijakan Pendidikan: Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. (Cetakan Kedua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tilaar, H.A.R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Tilaar, H.A.R. (2009). Membenahi Pendidikan Nasional. (Cetakan Kedua). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Winataputra, Udin Saripudin. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung: Widya Aksara Press.
Winataputra, Udin Saripudin. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran). Bandung: Widya Aksara Press
Yanzi, H., Hidayat, O. T., Mentari, A., & Budimansyah, D. (2019). Global Citizens Awareness through Digital Literacy in the Fourth Industrial Revolution: A Review of the Literature. Series: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 317(13), 65-69.
Refbacks
- There are currently no refbacks.