Pengaruh Pola Komunikasi Guru Terhadap Penguatan Civic Confidence Peserta Didik Kelas XI
Abstract
The aim of this study was to find out the effect of teachers communications patterns toward civic confidence reinforcement of eleventh grade students at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. The method use was descriptive with quantitative approach. The eleventh grade students at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah were the subject of this study. The result showed that there was a significant influence between the patterns and the civic confidence reinforcement of the students with 6% of the less influential category, 43% of the moderately influential category, and 51% of the influential category. Moreover, in the development of the civic confidence , 6% was categorized as unfavorable, 41% was as quite enough, and 53% was in the good category with 0.61 of the result for proximity influence analysis which showed a strong proximity of the effect of the patterns toward the reinforcement.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi guru terhadap penguatan civic confidence peserta didik kelas XI SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola komunikasi guru terhadap penguatan civic confidence peserta didik kelas XI SMAN 1 Tulang Bawang Tengah dengan persentase 6% termasuk dalam kategori kurang berpengaruh, 43% termasuk dalam kategori cukup berpengaruh, dan 51% termasuk dalam kategori berpengaruh. Dalam pengembangan civic confidence dengan persentase 6% termasuk dalam kategori kurang baik, 41% termasuk dalam kategori cukup baik dan 53% termasuk dalam kategori baik, serta memililki hasil uji keeratan pengaruh sebesar 0.61 yang menunjukkan keeratan kuat antara pengaru pola komunikasi guru terhadap penguatan civic confidence peserta didik.
Kata Kunci: Civic Confidence. Komunikasi Guru, Pola Komunikasi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adnan, M.Fachri. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan ( Civic Education ) Pada Era Demokratisasi. Jurnal Demokrasi. Vol. 7. No.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cangara, Hafied. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Ismail, Muh Ilyas. (2010). Kinerja dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan. Vo. 13. No, 1.
Komara, Indra B. (2016). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia. Vol. 5. No. 1.
Mulyana, Dedy. (2001). Nuansa-Nuansa Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nora, T.S, Irawan Suntoro, Hermi Yanzi. (2017). Peranan Guru dalam Menanamkan Rasa Percaya Diri Siswa di SMP PGRI 2 Bekri. Jurnal Kultur Demokrasi. Vol. 5. No. 3.
Pratiwi, Iffa Dian, dkk. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar pada Siswa SMAN X. Jurnal Psikologi Teori & Terapan. Vol. 7. No. 1.
Riswandi. (2009). Ilmu Komunikasi. Jakarta: Graha Ilmu.
Rizki, Upik Yunia. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar dengan Optimisme Mengerjakan Ujian. Educational Psychology Journal. Vol. 2. No. 1.
Rohim, Syaiful. (2009). Teori Komunikasi Perpspektif, Ragam & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sondakh, Rachel dkk. (2017). Pola Komunikasi Guru dalam Proses Belajar anak Down Sindrom di Yayasan Pendidikan Anak Cacat Malalayang. E-journal Acta Diurna. Vol. 6. No. 1.
Sudarma, Ketut dan Eva M.S. (2007). Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 2. No. 2.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B ). Bandung: Alfabeta.
Syam, Asruillah dan Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa ( Study Kasus di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universiitas Muhammadiyah Parepare ). Jurnal Biotek. Vol. 5. No. 1.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta, Depdiknas.
Yohanah, Imelda Dwi dan Andy S.etiawan. (2017). Pola Komunikasi Antara Guru Dengan Anak Didik Pada Sekolah Dasar Model Inklusi. Jurnal Komunikasi. Vol. 8. No. 2.
Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.