Pengaruh Pembelajaran Tematik terhadap Perkembangan Civic Knowledge Di SDN 1 Rejosari

Ema Triyani, Hermi Yanzi, Devi Sutrisno Putri

Abstract


The purpose of this research was to know the influence of thematic learning on the development of civic knowledge students at SDN 1 Rejosari. The subject were of this research were 5th grade student at  SDN 1 Rejosari which amounted to 30 respondents. A tool to analyze the data in this research was SPSS 16. The results showed that there was a strong influence of thematic learning on civic knowledge of 5th grade students by 73.1%. It was mean that the thematic learning influential on the development of civic knowledge of 5th grade students at SDN 1 Rejosari. The more thematic learning was implemented well, the better civic knowledge of 5th grade students at SDN 1 Rejosari.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tematik terhadap perkembangan civic knowledge peserta didik di SDN 1 Rejosari. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 1 Rejosari yang berjumlah 30 orang responden. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara pembelajaran tematik terhadap perkembangan civic knowledge peserta didik kelas V sebesar 73.1% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: berpusat kepada peserta didik, memberikan pengalaman langsung, dan memberikan konsep dari beberapa mata pelajaran yang ada dalam tema dengan variabel dependen (Y) yaitu: identitas Nasional (nilai-nilai Pancasila), Hak dan kewajiban (tanggung jawab), dan identitas nasional (Bhinneka Tunggal Ika). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik berpengaruh sebesar 73.1% terhadap perkembangan civic knowledge peserta didik kelas V SDN 1 Rejosari.

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Civic Knowledge


References


Asra, Sumiati. 2016. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Branson, M. S. 2008. Belajar “Civic Education” dari Amerika (Terjemahan Syarifudin, dkk). Yogyakarta: LKIS.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tentang Fungsi Mata Pelajaran PPKn.

Murdiono, Mukhamad. 2012. Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Republik Indonesia. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rifki Hendita Alfiansyah, Muhammad Nur Wahid. 2018. Muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai upaya membelajarkan civic knowledge, civic skills, dan civic dispotition di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Vol. 6 No. 2.

Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusnaini. 2010. Membangun kompetensi kewarganegaraan di era global melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Building Civic Competences in Global Era Through Civic Education: Problem and Prospect (Competences).

Samsuri. 2013. Paradigma Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam kurikulum 2013. Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kulaitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukayati & Sri Wulandari. 2009. Pembelajaran Tematik di SD. Yogyakarta: PPPPPTK.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno. 2013. Paradigma Baru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.

Yanzi, Hermi. 2016. Penggunaan model based instruction untuk meningkatkan civic skill pada pembelajaran PPKn. Jurnal Kultur Demokrasi. Vol. 6.

No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.