Efektivitas Pelaksanaan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Program Bantuan Pendidikan
Abstract
The purpose of research was to know how the effectiveness of implementation Bupati regulation number 24 years 2016 about the education assistance program in helping students continue to the college in Tulang Bawang Barat. The research method used in this research was quantitative descriptive method with the recipient research subject of the education assistance program of 2015-2017 generation. The samples in this research amounted to 26 respondents. Data collection techniques used questionnaires technique while interviews and documentation as supporting techniques. The results of the reasearch, according to the recipient of Education Assistance Program Bupati Regulation Number 24 year 2016 about the education assistance program in helping students continue to college with a percentage of 57.7% the category is quite effective, it should be notice in order to increase its effectiveness.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelaksanaan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2016 tentang Program Bantuan Pendidikan dalam membantu peserta didik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di Tulang Bawang Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian penerima program bantuan pendidikan angkatan 2015-2017. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai teknik pokok sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik penunjang. Hasil penelitian diketahui bahwa, menurut penerima program bantuan pendidikan pelaksanaan peraturan bupati nomor 24 tahun 2016 tentang program bantuan pendidikan dalam membantu peserta didik melanjutkan ke perguruan tinggi di Kabupaten Tulang Bawang Barat masuk dengan persentase 57,7%. dalam kategori cukup efektif, ini menjadi hal yang harus diperhatikan agar ke depannya dapat meningkat efektivitasnya.
Kata Kunci : Efektivitas, Pelaksanaan, Program Bantuan Pendidikan
References
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
________. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Fathoni, Abdurrahmat. 2011. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta
Hasbullah. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada
Ignasius Jefry, R.Susiola, Surya A. 2015. Analisis Penerapan Gaya Mengajar Kepemimpinan Situasionalterhadap Efektifitas Mengajar (Studi Kasus Di Sma Negeri 85 Jakarta Barat). Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. Mercubuana. Volume VII. Nomor 3.
M. Steers, Richard. 1995. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Monica Pratiwi, Herbasuki Nurcahyanto. 2017. Efektivitas Program Bpjs Kesehatan Di Kota Semarang (Studi Kasus Pada Pasien Pengguna Jasa Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Srondol). Jurnal of public policy and management review. Undip. Volume 6. Nomor 2.
Molaga. 2015. Persepsi Mahasiswa Terhadap Efektifitas Pembelajaran Melalui Grup Di Facebook. JISIP. Unitri. Volume 4. Nomor 1
Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pemerintah Republik Indonesia. 2016. Peraturan Bupati Tulang Bawang Barat Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Program Bantuan Pendidikan.
Putra, Adelina Hasyim, Hermi Yanzi. 2018. Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 02 Tahun 2008 Tentang Pemeliharaan Kebudayaan Lampung di Desa Pekurun Tengah. Jurnal Kultur Demokrasi. Volume 5 Nomor 9.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.