Persepsi Mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Lampung terhadap Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan
Abstract
The purpose of this study was to analyze and explain the University of Lampung PPKn Study Program Student's Perception of Pre-service Teacher Professional Education Program (PPG). The method used is descriptive quantitative approach. The number of samples is 30 respondents. The main techniques of data collection using a questionnaire and supporting techniques are interviews and documentation. The results showed: The University of Lampung PPKn Study Program Student's Perception of Pre-service Teacher Professional Education Program (PPG) is good, where the PPG Pre-service Program can improve teacher professionalism so that they can carry out their duties as professional educators.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan Persepsi Mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Lampung terhadap Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel 30 responden. Teknik pokok pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penunjang adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Persepsi Mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Lampung terhadap Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan adalah baik, di mana Program PPG Prajabatan tersebut dapat meningkatkan profesionalisme guru sehingga dapat mengemban tugas sebagai pendidik yang profesional.
Kata kunci: mahasiswa, profesi guru.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Margono S. (2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Menteri. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudaayaan Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan.
Nurmalisa, Yunisca. (2017). Pendidikan Generasi Muda. Yogyakarta: Media Akademi.
Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru. (2018). Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti.
Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Sari, Nur Anita., Yanzi, Hermi., & Nurmalisa, Yunisca. (2017). Sikap Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Lampung Terhadap Program SM3T. Jurnal Kultur Demokrasi. Vol 5. No 3.
Sarwono, Sarlito, Wirawan. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarma, Momon. (2014). Profesi Guru: Dipuji, Dikritisi dan Dicaci. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharno. (2013). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: UNY Press.
Wibawa, Samodra. (2011). Politik Perumusan Kebijakan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.