Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik SMK Terhadap Mata Pelajaran PPKn

Gita Rahmi Pertiwi, Hermi Yanzi, Rohman Rohman

Abstract


The purpose of this research is to describe teacher’s role in improving vocational student’s motivation in learning civic subject at SMK Negeri 7 Bandar Lampung of the academic year 2018/2019. The research used decriptive quantitative method. Total of population is 685 students with the sample used in this research is 10% of the total population they are 65 respondents. The data analysis used Chi Kuadrat and the data collection teqhnicue used review and documentation. The result of this research is to show teacher’s role in improving vocational student’s motivation in learning civic subject at SMKNegeri 7 Bandar Lampung of the academic year 2018 / 2019 according to a good category, the teacher was already good in increasing student’s interests of vocational high school student in civic subject.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peran guru dalam meningkatkan minat peserta didik sekolah menengah kejuruan terhadap mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 685 peserta didik dengan sampel diambil sebanyak 10% yaitu sebanyak 65 responden. Analisis data menggunakan Chi kuadratdan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penunjang menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan minat peserta didik sekolah menengah kejuruan terhadap mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 masuk dalam kategori sangat baik, guru telah menjalankan perannya dalam meningkatkan minat siswa SMK terhadap mata pelajaran PPKn dengan baik.

Kata Kunci: Peran Guru, Minat, Mata Pelajaran PPKn

 


Full Text:

PDF

References


Azra.U, Rozak.A. 2015. Pendidikan

Kewarganegaraan (Civic

Education) Pancasila,

Demokrasi, HAM, dan

Masyarakat Madani. Jakarta:

Kencana.

Djamarah S.B. 2005. Guru Dan Anak

Didik Dalam Interaksi Edukatif

Suatu Pendekatan Teoretis

Psikologis. Jakarta: Rineka

Cipta.

Hestia.H, Hasyim.A, & Nurmalisa.Y.

Peranan Guru Dalam

Menanamkan Nilai Kejujuraan

Pada Siswa. Jurnal Kultur

Demokrasi.Vol 1. No 6.

Naharani.D, Yanzi.H, & Pitoewas.B.

Hubungan Budaya

Sekolah dan Mata Pelajaran

PPKn Dengan Pembentukan

Sikap Soial Pada Siswa. Jurnal

Kultur Demokrasi.Vol 5. No 7.

Palupi.N.K, Yanzi.H, & Pitoewas.B.

Pengaruh Faktor Usia

Terhadap Minat Dan

Kemampuan Guru PPKn Dalam

Penggunaan TIK. Jurnal Kultur

Demokrasi.Vol 3. No 6.

Slameto.2015. Belajar Dan FaktorFaktor Yang Mempengaruhi.

Jakarta: Rineka Cipta.

Republik Indonesia. 2005. UndangUndang RI Nomor 15, Tahun

, tentang Guru dan Dosen.

Republik Indonesia. 2003. UndangUndang RI Nomor 20, Tahun

, tentang Sistem

Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.