Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Disiplin Dalam Melaksanakan Tata Tertib Sekolah di MTs
Abstract
The purpose of this research was to determine the effect of moral aqidah learning on discipline in implementing the school rules at MTs Darul A'mal Metro Barat Subdistrict 2018/2019. The method used in this research was quantitative descriptive, and the subjects were 47 students of seventh grade. In collecting the data, questionnaires and documentation were used. Based on the results of the study, it can be shown that, in the highest percentage of moral aqidah learning variable which is 51% in the sufficient category, students have enough good character in behavior both in the community and in the school environment and in the discipline variable the highest percentage is 68 % in the good category, the disciplinary variable has been implemented well by students, namely in adhering to the rules of school discipline and the level of violations committed by students can be said to be reduced. School rules are provisions that regulate daily school life and containn sanctions for violators.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap disiplin dalam melaksanakan tata tertib sekolah di MTs Darul A’mal Kecamatan Metro Barat tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII yang berjumlah 47 orang responden. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan tehnik penunjang adalah dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa, pada variabel pembelajaran aqidah akhlak hasil persentase tertinggi yaitu 51% dalam kategori cukup, peserta didik sudah cukup memiliki akhlak yang baik dalam bertingkah laku baik di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan sekolah dan pada veriabel disiplin menunjukkan hasil persentase tertinggi 68 % dalam kategori baik, variabel disiplin sudah dilaksanakan secara baik oleh peserta didik yaitu dalam mentaati peraturan tata tertib sekolah dan tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik sudah dapat dikatakan berkurang. Tata tertib sekolah adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur kehidupan sekolah sehari-hari dan mengandung sanksi bagi pelanggarnya.
Kata kunci: aqidah akhlak, disiplin, tata tertib
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Subadi. 2015. Pengelolaan Tata Tertib Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan. Volume 27 Nomor 2.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatah, Yasin. 2011. Penumbuhan Kedisiplinan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah. Jurnal el-Hikmah. Volume 9 Nomor 1.
Ginanjar. 2017. Pembelajaran Aqidah Akhlak dan Korelasinya dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 6 Nomor 12.
Hadianti. 2008. Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. Volume 2 Hlm 5-7.
Harnita, Sri., Hasyim, Adelina., & Nurmalisa, Yunisca. 2017. Hubungan Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah dengan Perilaku Peserta Didik. Jurnal Kultur Demokrasi. Volume 5 Nomor 4.
Marzuki. 2012. Pembinaan Karakter Mahasiswa melalui Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 pasal 2 ayat 1 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Bab II pasal 3 Tahun 2003 tentang Fungsi Pendidikan Nasional.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.