Pengaruh Pemberitaan Media Massa Hashtag 2019 Ganti Presiden Terhadap Kecenderungan Perilaku Pemilih Pemula

Frentia Riskiyani, Hermi Yanzi, Edi Siswanto

Abstract


The problem in this study was the influence of news media coverage hashtag 2019 replace president against (#2019gantipresiden) the behavior tendencies of beginner in the election of 2019 in SMA N 1 Way Jepara. The purpose of this research was to find out how a phenomenon of campaign or mass media coverage can affect beginner voters. This study used descriptive method with a quantitative approach. The subject of this study were all XII grade students aged over 17 years and had identification card. In collecting the data, the questionnaire was used. Based on the results of the study, it is known that the beginner voters who knew and followed the news media coverage of the hashtag 2019 replace president could affect the behavior of beginner voters when they determine their choice in the upcoming elections.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang pengaruh pemberitaan media massa hashtag 2019 ganti Presiden terhadap kecenderungan perilaku pemilih pemula dalam pilpres 2019 di SMA N 1 Way Jepara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana suatu fenomena kampanye atau pemberitaan media massa dapat mempengaruhi pemilih pemula. Dalam penelitian ini menggunakan medote deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang sudah bersusia 17 Tahun dan memiliki KTP. Teknik pokok dalam pengumpulan data menggunakan teknik angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, pemilih pemula yang mengetahui serta mengikuti pemberitaan media massa hashtag 2019 ganti Presiden dapat mempengaruhi perilaku pemilih pemula saat akan menentukan pilihannya dalam pilpres mendatang.

Kata kunci: media massa, hashtag 2019 ganti presiden, perilaku pemilih pemula.


Full Text:

Untitled PDF

References


Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mustapa, Adam 2014. Pengaruh Pemberitaan Media Massa Dalam Gejolak Politik Terhadap Pembentukan Sikap Pemilih Pemula. Jurnal Kultur Demokrasi. Volume 2. Nomor 4.

Rahman, A.2007. Sistem Politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono, 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan P&D. Bandung: Alfabeta.

Zakiyudin, Ahmad.2018. Teknik-Teknik Propaganda Politik Jalaludin Rakhmat. Jurnal Akademika Praja. Volume 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.