Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Mendukung Kegiatan Intrakurikuler Di SMP Negeri 2 Kotagajah

Latifa Linda Aryanti, Berchah Pitoewas, Abdul Halim

Abstract


The aim of this study was to find out how the school library’s role supporting intracurricular activities as SMP Negeri 2 Kotagajah in academic year 2018/2019. The method in this study was quantitative approach with the VIII grade students of SMP Negeri 2 Kotagajah as the subject of the research. The population of this study is 316 with samples taken (10%) from the population of 30 students. The questioner was administered to collect the data and then data collection was conducted with percentage formula and chi-square. Based on the results of the research in testing the relationship between variable x (school library) and variable y (intracurricular activities) it can be concluded that the school library’s is one of the proponents of the learning activities in the classroom especially during the civic education subject. Library is good source of information in school and can be used by students to find reference during the learning process. Besides, the library has a positive effect to deepen the student’s knowledge. The use of the school library and the library materials at school are intended to promote success in achieving the expected learning results, so that the curriculum can be successfully carried out with the goal of competence achievement in a good learning. 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran perpustakaan sekolah dalam mendukung kegiatan intrakurikuler di SMP Negeri 2 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 316 peserta didik kelas VIII dengan sempel yang diambil sebanyak (10%) dari populasi yaitu 30 responen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket sebagai teknik pokok yang selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan rumus persentase dan Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian dalam pengujian hubungan antara variabel X (Perpustakaan Sekolah) dengan variabel Y (Kegiatan Intrakurikuler) dapat disimpulkan bahwa perpustakaan sekolah merupakan salah satu pendukung dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas khususnya pada jam pelajaran PPKn. Karena perpustakaan merupakan sumber pemberian informasi yang baik di sekolah dan bahan-bahan pustaka dapat digunakan peserta didik untuk mencari referensi saat pembelajaran berlangsung. Selain itu perpustakaan berpengaruh positif untuk memperdalam wawasan ilmu pengetahuan bagi peserta didik. Pemanfaatan perpustakaan sekolah dan bahan-bahan pustaka yang ada di sekolah dimaksud untuk menunjang keberhasilan dalam mencapai hasi belajar yang diharapkan, sehingga kurikulum dapat berhasil dilaksanakan dengan tujuan untuk pencapaian kompetensi suatu pembelajaran yang baik.

Kata kunci: perpustakaan, sekolah, intrakurikuler

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 1998. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Eveline dan Hartini.2017. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Harahap. 2016. Sosiologi. Jakarta: Erlangga.

Horton, Paul B. 1999. Sosiologi. Jakarta: Erlangga.

Ibrahim. Bafadal. 2009. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: RinekaCipta.

Mulyana, Rohmad. 2004. Mengartikulasi Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang RI Nomor 43 tahun 2007 pasal 1 tentang Perpustakaan

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitain Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarno, Ahmad. 2013. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: SagungSeto.

Sutrisno, Hadi. 2000. Statistik. Yogyakarta: Andi Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.