Internalisasi Nilai Demokrasi Pancasila Pengurus Osis Menurut Permendiknas No. 39 Tahun 2008

Dwi Ratna Sari, Yunisca Nurmalisa, Rohman Rohman

Abstract


The purpose of this study was to describe the internalization of Pancasila democratic values for the students dean administrators. The method used in this study is a quantitative descriptive approach. The sample in this study were 39 respondents. Data analysis was done by using Chi squares and data collection techniques are questionnaires and supporting techniques using interviews and documentation. The results of this study indicate that some of the board members of SMP Negeri 19 Bandar Lampung academic year 2018/2019 in the process of internalizing the values of Pancasila democracy can be categorized with the percentage of 25.64% in the inappropriate category, 38.46% of the categories are quite appropriate, and 35.89% is in the appropriate category. Looking at the analysis and the data shows that the number 0.44 can be categorized as moderate, indicating that the internalization of the values of Pancasila democracy has a moderate closeness to the Minister of National Education Regulation No.39 of 2008 for the students dean administrators.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Internalisasi nilai demokrasi Pancasila bagi pengurus OSIS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 responden. Analisis data menggunakan Chi kuadrat dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penunjang menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian pengurus OSIS  SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam proses internalisasi nilai demokrasi Pancasila dapat dikategorikan cukup sesuai. Dengan persentase 25,64% kategori kurang sesuai, 38,46% kategori cukup sesuai, dan 35,89% kategori sesuai. Melihat dari analisis dan olah data menunjukkan pada angka 0,44 dapat dikategorikan sedang, menunjukkan bahwa internalisasi nilai demokrasi Pancasila memiliki keeratan sedang pada Permendiknas No.39 Tahun 2008 bagi pengurus OSIS.

Kata kunci: Internalisasi, Demokrasi, Pancasila


References


Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: PARADIGMA

Mentri. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008, tentang Pembinaan Kesiswaan

Muchson, S. (2013). Dasar-Dasar Pendidikan Moral. Yogyakarta. Penerbit Ombak

Nurdin, H. M. (2014). Pendidikan Anti Korupsi : Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Menumbuhkan Kesadaran Antikorupsi Di Sekolah. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA

Sukitman, T. (2016). Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter). JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 2. No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.