Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Di Pondok Pesantren
Abstract
This research is to describe and analyze the internalization of nationalism values in Islamic boarding schools. The research method used in this study is descriptive with a qualitative approach with the subjects of research are priest, teachers and students of boarding schools. The data were collected through interview, observation and documentation guidelines while data analysis was done by using a credibility test with triangulation. The results of this study indicate that the internalization of nationalism values in Islamic boarding schools is carried out through intracurricular and extracurricular activities using appropriate methods and sources as well as the role of priest and teachers in internalizing the values of nationalism to the student in Islamic boarding schools.
Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis internalisasi nilai-nilai nasionalisme di pondok pesantren. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian kiai, guru dan santri pondok pesantren. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa internalisasi nilai-nilai nasionalisme di pondok pesantren dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler dengan menggunakan metode dan sumber yang tepat serta peran dari kiai dan guru dalam menginternalisasi nilai-nilai nasionalisme kepada para santri di pondok pesantren.
Kata kunci : internalisasi, nilai-nilai nasionalisme, pesantren
Full Text:
PDFReferences
Azra, A. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Jakarta: Prenada Media.
Chaplin, J. P. 1993. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. hlm. 256.
Djojomartono, M. 1989. Jiwa Semangat dan Nilai-Nilai Perjuangan Bangsa Indonesia. Semarang: IKIP Press.
Galba, S. 1995. Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasir, Ridwan. 2010. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantern Di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, K. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Jakarta: ICCE. Hal: 28.
Mudyahardjo, R. 2009. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Muhaimin. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.
Mustari, M. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Poespowardoyo, S. 1994. Pendidikan Wawasan Kebangsaan Tantangan dan Dinamika Perjuangan Kaum Cendikiawan Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Taniredja, T., et al. 2013. Konsep Dasar pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Usman, A. 2012. Kiai Mengaji Santri Acungkan Jari. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Refbacks
- There are currently no refbacks.