Pengaruh Budaya Sekolah Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP

Dewi Junita Manurung, Irawan Suntoro, Hermi Yanzi

Sari


The purpose of this study was to examine and describe the influence of school culture and school environment on the formation of student character. The research method used in this study is a descriptive method with a quantitative approach. The sample in this study amounted to 66 respondents. Data collection techniques using questionnaires and data analysis using Linear Regression and Multiple Regression. Based on the results of the research that has been done it is known that (1) There is a significant influence between school culture (X1) on the formation of student character (Y) with a coefficient of determination of 49.2%, (2) There is a significant influence between the school environment (X2) towards the formation of student character (Y) with a coefficient of determination of 65.1%, (3) There is a significant influence between school culture (X1) and School Environment (X2) on the formation of student character (Y) with a coefficient of determination of 65.1%. 

Tujuan Penelitian ini adalah menguji dan  mendeskripsikan Pengaruh budaya sekolah dan lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa di SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan Regresi Linier dan Regresi Berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa  (1)Terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya sekolah (X1) terhadap pembentukan karakter siswa (Y) dengan koefisien determinasi sebesar 49,2%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah (X2) terhadap pembentukan karakter siswa (Y) dengan koefisien determinasi sebesar 65,1%, (3) Terdapat pengaruh signifikan antara budaya sekolah (X1) dan Lingkungan Sekolah (X2) terhadap pembentukan karakter siswa (Y) dengan koefisien determinasi sebesar 65,1%. 

Kata kunci : budaya sekolah, karakter siswa, lingkungan sekolah


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


AR, Muchson. 2013. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Serat Wulan Reh. Ombak. Yogyakarta.

Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Rineka Cipta. Jakarta.

Daryanto. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Gava Media. Malang.

Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter. AR-Ruzz Media. Yogyakarta.

Purwanto, Nanang. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. PT. Armas Duta Jaya. Jakarta.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Kencana. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.