Pengembangan Empati Anak Usia Dini

Putri Meidina, Ari Sofia, Gian Fitria Anggraini

Abstract


This study aimed to describe the development of children’s empathy with the focus of research (1) Learning Planning; (2) Learning Process; (3) Evaluation of Learning. The research method used in this research was qualitative approach with case study design. The data were collected by using through interview, observation, and documentation. The data sources consisted of school principal, teachers and parents. The data analyted by using Miles and Hubberman model: Data collection; Data reduction; Data presentation; Drawing conclusions. Research Setting: Titah Bunda Integrated PAUD of Bandar Lampung for 18 days. Results showed that: Learning planning, teacher developed children’s empathy by planning some supporting methods. Learning process, teachers developed children’s empathy by implementing learning using learning methods and appropriate learning models. Evaluation of learning, teachers evaluated learning by evaluation methods and evaluation tools appropriate.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan empati anak dengan fokus penelitian (1) Perencanaan Pembelajaran; (2) Proses Pembelajaran; (3) Evaluasi Pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru dan orangtua. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Hubberman, yakni: Pengumpulan data; Reduksi data; Penyajian data; Proses penarikan kesimpulan. Setting data: PAUD Terpadu Titah Bunda Bandar Lampung dengan rentang waktu 18 hari. Hasil penelitian: Perencanaan pembelajaran, guru mengembangkan empati anak dengan merencanakan metode pembelajaran yang mendukung. Proses pembelajaran, guru mengembangkan empati anak dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran dan model pembelajaran yang sesuai. Evaluasi pembelajaran, guru mengevaluasi pembelajaran dengan cara evaluasi dan alat evaluasi yang tepat.

Kata kunci: anak usia dini, empati, guru.



Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, Fadila, dkk. 2016. Pengaruh Social Stories terhadap Perilaku Empati Anak Usia 5-6 Tahun. Semarang: Jurnal FKIP Universitas Negeri Semarang. Vol 4, No 2. (Online: http://jurnal. fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8559/6324 diunduh pada 4 Mei 2018).

Badan Pusat Statistik. 2016. Angka Kenakalan Remaja. (Online: https://www.bps.go.id/ diakses pada 29 Januari 2018).

Baron-Cohen, Simon dan Wheelwright, Sally. 2004. The Empathy Quotient: An Investigation of Adults with Asperger Syndrome or High Functioning Autism, and Normal Sex Differences. Trumpington Rd: Journal of Autism and Developmental Disorders. Vol. 34, No. 2: 163-175. (Online: http://docs.autismresearchcentre.com /papers/2004_BCandSW_EQ.pdf, diunduh tanggal 7 Desember 2017).

Borba, M. 2008. Membangun Kecerdasan Moral. (Alih bahasa: Lina Jusuf). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas, 2004. Kurikulum Taman Kanak-kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Direktorat Pendidikan.

Duan, Changming dan Hill, Clara E. 1996. The Current State of Empathy Research. Washington DC: Journal of Counseling Psychology. Vol. 43, No. 3: 261-274. (Online: http://psycnet. apa.org/doiLanding?doi=10.1037%2F0022-0167.43.3.261, diunduh tanggal 10 Desember 2017).

Elias, M.J., Wang, M., Weissberg, R., Zins, J., Walberg, H. (2002). The Other Side of the Report Card. American School Board Journal, 189(11), 28–31. https://eric.ed.gov/?id=EJ655360, diakses tanggal 19 Mei 2018).

Fanani, Zaenal. 2010. Analisis Faktor-faktor Persistensi Laba. Jakarta: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol 7, No. 1. (Online:http://jaki.ui.ac.id/index.php/home/article/viewFile/170/170 diunduh pada 4 Mei).

Goleman, Daniel. 1996. Kecerdasan Emosional, terj. Hermaya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gor. 2017. Pemerhati: Dunia Pendidikan Krisis Kecerdasan Emosional.

Berita Satu Online. (http://id.beritasatu.com/home/pemerhati-dunia-pendidikan-krisis-kecerdasan-emosional/166130 diakses pada 25 Januari 2018)

Haenilah, E. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.

Johnson, D. S.; Johnson, R.; and Anderson, D. Social Interdependence and Classroom Climate. The Journal of Psychology 114 (1983): 135-142. (Online: https://www. tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00223980.1983.9915406 diakses pada 4 Mei 2018).

Kremer, J. F., and Dietzen, L. L. 1991. Two Approaches to Teaching Accurate Empathy to Undergraduates: Teacher-Intensive and Self-Directed. Journal of College Student Development. 32: 69- 75. (Online: http://psycnet.apa.org/record/1991-16829-001 iakses pada 4 Mei 2018).

Kohn, A. 1991. Caring Kids: The Role of the Schools. Phi Delta Kappan. 72/7 496- 506. (Online: https://www.alfiekohn.org /article/caring-kids/ diunduh pada 4 Mei 2018).

Lithoxoidou, Loukia S, dkk. 2017. Developing Empathy and Environmental Values in Early Childhood. Yunani: International Journal of Early Childhood Environmental Education. 5(1). (Online:http://naturalstart.org/sites/default/files/journal/ijecee_5_1_lithoxoidou_et_al.pdf diunduh pada 3 Mei 2018).

Mahdiani dan Prasetyaningrum. 2012. Pengaruh Dongeng dan Bermain Peran dalam Mengembangkan Empati pada Anak Usia Dini. Surkarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Mills, R. S., and Grusec, J. E. 1989. Cognitive, Affective, and Behavioral Consequences of Praising Altruism. Merrill-Palmer Quarterly. 35/3: 299-326. (Online: https://www.jstor.org/ stable/23086374 diakses pada 4 Mei 2018).

Nadzir, M. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Surabaya: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 2 No 2. (Online: https://media. neliti.com/media/publications/117338-ID-perencanaan-pembelajaran-berbasis-karakt.pdf diakses pada 1 April 2018).

Paavola, Lilla Evelin. 2017. The Importance of Emotional Intelligence in Early Childhood. Laurea University of Applied Sciences. (Online: https://www.theseus.fi/bitstream/ handle/10024/131619/BA%20Thesis%20of%20Lilla%20Paavola.pdf?sequence=1, diunduh tanggal 7 Desember 2017).

Putri W, Indri. 2014. Melatih Empati pada Anak. Surabaya: Pdpersi. (Online: http://www.pdpersi.co.id/content/news.php?catid=9&mid=5&nid=1691, diakses pada 22 Februari 2018).

Saptono. 2011. Dimensi-dimesi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Suttie, Jill. 2016. Seven Ways to Foster Empathy in Kids. UC Berkeley: Greatergood Berkeley Edu Online. (Online: https:// greatergood.berkeley.edu/article/item/seven_ways_to_foster_empathy_in_kids diakses tanggal 2 Februari 2018).

Türkkahraman, Mimar. 2012. The Role of Education in The Societal Development. Antalya: Journal of Educational and Instructional Studies in The World. Vol. 2, No. 4: 38-41. (Online: http://www.wjeis.org/FileUpload/ds217232/File/04.turkkahraman.pdf, diunduh tanggal 7 Desember 2017).


Refbacks