Peran Guru PPKn dalam Upaya Penguatan Nilai-nilai Kebhinnekaan

Gangsar Juhanggito, Hermi Yanzi, Berchah Pitoewas

Sari


The purpose of this research is to describe and analyze : the role of civic education teacher in the reinforcment values of kebhinnekaan in junior high school n 1 padangratu central lampung in the academic years 0f 2017 / 2018. the method used in this research is the survey method with the type of quantitative descriptive approach, because this study describes the circumstances that occur in the environment of learners in junior high school n 1 Padangratu on the role of teacher in the effort civic education strengthening the values of kebhinnekaan. The sample in this study were 56 respondents. Data analysis using Chi squared and collecting data using questionnaire and supporting technique using interview and documentation. The results of this research indicate that the role of civic education teacher in efforts to strengthen the values of kebhinnekaan in junior high school n 1 padangratu central lampung fall into either category.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis : peran guru PPKn dalam upaya penguatan nilai-nilai kebhinnekaan di SMP Negeri 1 padangratu lampung tengah tahun pelajaran 2017/2018. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif, karena penelitian ini menggambarkan keadaan yang terjadi dalam lingkungan peserta didik di SMP negeri 1 padangratu mengenai peran guru PPKn dalam upaya penguatan nilai-nilai kebhinnekaan. sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 responden. analisis data menggunakan chi keadrat dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penunjang menggunakan wawancara dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam upaya penguatan nilai-nilai kebhinnekaan di SMP negeri 1 padangratu lampung tengah masuk dalam kategori baik.

Kata kunci : guru, kebinnekaan, nilai.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru

Soekanto, Soerjono, 2002. Teori Peranan. Bumi Aksara. Jakarta

Thoha, Miftah. 1997. Pembinaan Organisasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru & Dosen.

Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.