Pengaruh Pemanfaatan Gadget dalam Aktivitas Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn
Abstract
The purpose of this study is to determine the effect of the use of gadget in learning activities to improve student learning outcomes in class 11th social scienes of state senior highschool 1 Seputih Mataram. The research method used is descriptive method with research subjects of SMA Negeri 1 Seputih Mataram, which amounted to 25 respondents. Data collection techniques using questionnaires and supporting techniques are interviews and documentation. Based on the research results can be seen that, the effect of the use of gadget on students explained that at the time of learning activities by using gadget can improve student learning outcomes of class 11th social scienes of state senior highschool 1 Seputih Mataram.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pemanfaatan gadget dalam aktivitas belajar untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Seputih Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan subjek penelitian siswa SMA Negeri 1 Seputih Mataram yang berjumlah 25 responden.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penunjang adalah wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, pengaruh pemanfaatan gadget pada siswa menjelaskan bahwa pada saat aktivitas belajar dengan memanfaatkan gadget dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Seputih Mataram.
Kata kunci: aktivitas, gadget, hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Irham, M. dan Wiyani, Novan A. 2016. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Iswidharmanjaya, Derry. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadge: Panduan bagi Orang Tua untuk Memahami Faktor-faktor Penyembab Anak Kecanduan Gadget. Google Books.
Kartika, Unoviana. 2014. 10 Alasan Anak Perlu Lepas dari Gadget. Diakses dari health.kompas.com/read/2014/05/12/1640161/61/10.alasan.anak.perlu.lepas.dari.gadget.Pada tanggal 25 November 2017.
Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pratama, Y. A. 2015. Dampak Positif dan Negatif dalam Menggunakan Gadget. Diskses dari www.jendelaberita.com/2015/dampak-positif-dan-negatif-dalam-menggunakan-gadget/ pada tanggal 20 November 2017.
Rohmah, C. O. 2017. “Pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta”.Skripsi. Fakultas Ekonomi UNY.
Simamora, SM Antonius. 2016. “Persepsi Orang Tua terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Pendidikan Dasar di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung”. Skripsi.FKIP. Universitas Lampung.
Sudjana. 2007. Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Sulastuti, Ema. 2016. “Perbedaan Perilaku Sosial Siswa yang Pembelajarannya menggunakan Model Klarifikasi Nilai dan Konsiderasi dengan Memperhatikan Konsep Diri pada Pembelajaran PPKn Kelas XI SMK N 2 Bandar Lampung”. Tesis. Pascasarjana Universitas Lampung.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.