PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA

Febi Purnama Sari, Adelina Hasyim, Berchah Pitoewas

Abstract


The purpose of this study was to analyze and describe the effect of the intensity of parent and child communication on the social attitude of grade VIII students in Junior High School 4 Terbanggi Besar. The method used in this research is descriptive correlational with quantitative approach with population 228 respondents and sample amounted to 34 respondents. The main techniques of data collection by using questionnaires and supporting techniques are documentation and interviews. Analysis of research data using Chi Square formula. The results of this research indicate that the intensive communication between parents and children influence the child in determining social attitude in the form of honest, discipline, love peace and courteous, meaning there is influence of communication intensity of parent and child to social attitude of student.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh intensitas komunikasi orang tua dan anak terhadap sikap sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Terbanggi Besar. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi 228 responden serta sampel berjumlah 34 responden. Teknik pokok pengumpulan data menggunakan angket serta teknik penunjang adalah dokumentasi dan wawancara. Analisis data penelitian menggunakan rumus Chi Kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak intensifnya komunikasi orang tua dan anak mempengaruhi anak dalam menentukan sikap sosial berupa jujur, disiplin, cinta damai dan santun, artinya terdapat pengaruh intensitas komunikasi orang tua dan anak terhadap sikap sosial siswa.

Kata kunci: sikap sosial, intensitas komunikasi, orang tua dan anak


Full Text:

PDF

References


Asrori dan Ali,Muhammad. 2015. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aw,Suranto. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graaha Ilmu.

Devinto,Joseph. 2009. Komunikasi Antar Manusia. Tanggerang: Karisma Publishing Persada.

Djamarah,Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto,Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Reber,Artur S dan Reber, Emily S. 2010. Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Meinarno,Eko dan Sarwono,Sarlito. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Triyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Walgino,Bimo. 2003. Psikologi Sosial ( suatu pengantar). Yogyakarta: CV Andi.

Zamroni. 2009. Filsafat Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.