Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Konsultasi Remaja dalam Membangun Karakter Tanggung Jawab

Intan Mayasari, Barchah Pitoewas, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The aim of this research is to explore the role of Sanggar Konsultasi Remaja (Youth Consultation Center) extracurricular activity in building responsibility on students in YP Unila Bandar Lampung Senior High School academic year 2016/2017. This research employed descriptive method with quantitative approach. The population as well as the sample of the research was 24 members of Sanggar Konsultasi Remaja (Youth Consultation Center) YP Unila Bandar Lampung Senior High School. The instruments used in this research were questionnaire, interview and documentation. The data were analyzed by using percentage formula. The findings showed that creativity is the most influential factor in building responsible character in the students. It was indicated by the percentage of creativity which was 83%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan kegiatan ekstrakurikuler Sanggar Konsultasi Remaja dalam membangun karakter tanggung jawab pada siswa di SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah anggota Sanggar Konsultasi Remaja SMA YP Unila Bandar Lampung yang berjumlah 24 anggota dengan sampel 24 anggota. Instrumen menggunakan teknik angket, teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor kreativitas lah yang paling berperan dalam penanaman tanggung jawab kepada peserta didik, hal ini di buktikan dengan besarnya persentase yang di dapat dalam penelitian yaitu sebesar 83 %.

Kata kunci : ekstrakurikuler, remaja, sanggar konsultasi remaja.


Full Text:

PDF

References


Anonim.2012:36/reni/arti-sebuah rasa-tanggung-jawab.20 November 2016.20.00

Conny R.Semiawan. (2009). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menegah. Jakarta: Gramedia.

Depdikbud. (1994). Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hadiwinarto dan Daswita . ( 2008) hakikat sanggar konsultasi remaja. Bandung

Rohinah MN.2012. The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta:Insan Madani.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.