PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL PADA MATA PELAJARAN PPKn
Abstract
The purpose of this research is to analyze perception of teachers on social assessment instrument on the subject of PPKn at SMP Negeri 26 Bandar Lampung Academic Year 2016/2017. The research method used is descriptive qualitative. The research informants are PPKn teachers, counseling teachers, dan homeroom teachers. The technique of collecting data used interview, observation, and documentation. The test of data credibility used triangulation. The result showed that understanding of the implementation of social assessment instrument is good. The impression of teachers in the assessment of social attitudes has not shown a positive impression because there are things that are not according to the guideline. The expectation on the assessment of social attitudes demonstrated an improvement in the instruments of social attitudes that facilitated teachers.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi guru terhadap instrumen penilaian sikap sosial pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah guru PPKn, Guru BK, dan Wali Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap implementasi penilaian sikap sosial baik. Kesan guru dalam penilaian sikap sosial belum menunjukkan kesan positif karena terdapat hal-hal yang belum sesuai dengan panduan. Harapan terhadap penilaian sikap sosial menunjukkan adanya perbaikan terhadap instrumen penilaian sikap sosial yang dapat mempermudah guru.
Kata kunci: instrumen, sikap, sikap sosial
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2009. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Sinar Grafika.
Azwar, Saifudin.2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chaplin, J.P. 2009. Dictionary of Psichology. PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja.
Moleong, L.J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Andi.
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.