Hubungan Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Dengan Perilaku Peserta Didik

Sri Harnita, Adelina Hasyim, Yunisca Nurmalisa

Sari


The aims of the present research was to describe the relation between the implementation of school rules with the students behaviour in Perintis 2 Bandar Lampung Senior High School academic year 2016/2017. The present research used quantitative descriptive method. Subjects in this research were 623 respondents. Data Collecting technique used questionnaires as basic technique and interviews also documentation as supporting technique Based on Chi Kuadrat formula as the data analysis technique, the results of this present research showed a close relationship between the implementation of school rules with the student behavior. Proven that the less done enforcement of school rules by the teachers make the less students behaviour tend to increase more.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hubungan pelaksanaan tata tertib sekolah dengan perilaku peserta didik di SMA Perintis 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 623 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai teknik pokok dan wawancara serta dokumentasi sebagai teknik penunjang. Berdasarkan rumus Chi Kuadrat yang digunakan untuk menganalisis data, hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang erat antara pelaksanaan tata tertib sekolah dengan perilaku peserta didik. Terbukti bahwa penegakkan tata tertib yang kurang terlaksana oleh guru membuat perilaku peserta didik yang kurang baik cenderung lebih meningkat.

Kata kunci: perilaku, peserta didik, tata tertib


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ahmadi, Abu. Nur Ubiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Manusia dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

----. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Muchson dan Samsuri. 2013. Dasar-Dasar Pendidikan Moral. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Mulyasa. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya.

Nawawi, Hadari. 1986. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Administrasi Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Silaen, Sofar dan Yayak Heriyanto. 2013. Pengantar Statistika Sosial. Jakarta: In. Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.